Sosok Jenderal M Jusuf, Pemrakarsa Masjid Al-Markaz Al-Islami Makassar

Jenderal M Yusuf - (foto by dok Tribun Timur)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Masjid Al-Markaz Al-Islami berdiri kokoh dan megah di tengah Kota Makassar.

Salah satu masjid termegah di Kawasan Indonesia Timur berarsitektur unik yang merupakan perpaduan arsitektur Masjud Madinah dan Katangka Gowa.

Di balik kemegahan masjid yang telah berdiri sejak tahun 1994 ini ada sosok pemrakarsa Masjid Al-Markaz Al-Islami.

Dialah Andi Muhammad Jusuf Amir atau yang lebih dikenal sebagai M Jusuf, seorang Jenderal TNI bintang 4. Pria kelahiran Bone 23 Juni 1928 ini meruapakan pencetus ide dibangunnya Masjid Al-Markaz Al-Islami.

Sosok Jenderal M Jusuf

Masa kecil Jenderal M Jusuf dia habiskan di Bone yang merupakan kota kelahirannya. Ia mengeyam pendidikan dasar tahun 1933 di Hollandsch Indlansche School Watampone. Jenderal M Yusuf bersekolah di sana selama 7 tahun. 

Tahun 1940, anak dari pasangan Andi Tappu Arung Kajuaradan Andi Rabba Petta Bunga ini meninggalkan Bone dan mengeyam pendidikan di sekolah menengah pertama yaitu sekolah Meer Uitgebreid Lager Onderwijs di Makassar selama 3 tahun. 

Kemudian tahun 1943, ia menyambangi pulau Jawa tepatnya di Yogyakarta untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang SMA di Algemeene Middelbare School selama 3 tahun.

Jenderal M Jusuf dikenal sebagai sosoknya yang sederhana.Ia juga dikenal sebagai jenderal yang merakyat. 

Ia juga merupakan tokoh militer yang sangat berpengaruh di Indonesia.

Jenderal M Jusuf pernah dipercaya sebagai menteri perindustrian era Soekarno dan Soeharto (1964-1978) dan Ketua BPK (Badan Pemeriksaan Keuangan) RI 1983 - 1993. 

Selama hidup dan karirnya ia didampingi oleh istri yang juga tak kalah luar biasa nya, yaitu Elly Saelan, buah hari dari Emmy Saelan yang juga merupakan pejuang hebat dari kota Makassar. 

Dari pernikahannya, ia dikaruniai seorang putra bernama Muhammad Jaury Thaufiek Jusuf Putra.

Namun putranya lebih dulu dipanggil oleh sang maha kuasa pada tanggal  31 Oktober 1960. 

Jenderal M Jusuf wafat pada 08 September 2004. Sang jenderal bintang 4,  wafat pada pukul 21.35 WITA diusianya yang menginjak 76 Tahun.

Penyematan Nama M Jusu Pada Masjid Al-Markaz Al-Islami

Sebagai pemrakarsa, nama Jenderal M Yusuf juga disematkan di belakang nama Masjid Al-Markaz Al-Islami. Saat ini nama masjid tersebut yakni Masjid Al Markaz Al Islami Jend M Jusuf. 

Nama ini diresmikan penggunaannya ketika HM Jusuf Kalla menjabat sebagai Wapres RI  ke-10.

Inspirasi pembangunan Masjid Al-Markaz diketahui tercetus oleh M Jusuf di depan Ka’bah, Masjidil Haram Mekah, saat menjadi Amirul Hajj Indonesia, Juli 1989.

Jenderal M Jusuf, ketika itu kemudian menyampaikan niatnya kepada M Jusuf Kalla untuk mendirikan sebuah masjid monumental yang bakal menjadi salah satu pusat pendidikan dan peradaban Islam di Makassar.

Laporan : Riski