Sepanjang 2019, Damkar Makassar Evakuasi 69 Sarang Tawon

Petugas Damkar Makassar - (Dok Damkar Makassar)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar menyatakan telah mengevakuasi 69 sarang tawon sepanjang tahun 2019.

Kepala Damkar Makassar, Taufiek Rachman, mengatakan sarang tawon yang dievakuasi didominasi jenis Vespa Affinis yang berada di permukiman warga Makassar.

“Sebagian kecil di antaranya tawon madu, sedangkan jumlah penyelamatan sarang lebah di tahun ini sebanyak 7 kali,” katanya, Jumat (13/12/2019).

Meski baru memasuki minggu kedua Desember 2019, lanjut Taufiek, evakuasi terbanyak ada pada bulan ini dengan 20 kasus. Menurut dia, pihaknya masih melakukan evakuasi sarang tawon di beberapa tempat hingga saat ini.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan, Taufiek menyebut, anggota tim rescue melakukan proses evakuasi sarang tawon pada malam hari. Karena jika dilakukan siang hari, tawon cenderung lebih agresif sehingga berbahaya bagi warga sekitar.

"Kalau anggota pasti aman, tapi warganya yang tidak. Karena tawon agresif sama cahaya. Makanya saat proses evakuasi seluruh lampu dimatikan," ujarnya.

Selama evakuasi sarang tawon di Makassar, Taufiek menyebut tidak ada korban jiwa. Adapun lokasi keberadaan sarang tawon ini bervariasi, mulai dari atap rumah, di pohon hingga dekat tiang listrik. Namun, lokasinya selalu berdekatan dengan permukiman warga.

"Sehingga harus segera dievakuasi, jika tidak sangat berbahaya untuk warga sekitar. Apalagi, sarang tawon berjenis Vespa Affinis ini sangat membahayakan dan bisa menyebabkan kematian," terangnya.