Musim Haji 2019, Kemenag Sulsel Periksa Dokumen Ribuan CJH

Musim Haji 2019, Kemenag Sulsel Periksa Dokumen Ribuan CJH - (foto by Arbab)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kementrian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan melakukan pemeriksaan dokumen Calon Jamaah Haji (CJH) tahun 2019. Pemeriksa dokumen ini dilakukan sejak April 2019 hingga saat ini.

Pemeriksaan dokumen meliputi update nama paspor, cetak nomor nominatif atau nomor registrasi hingga pemeriksaan data paspor. Usai pemeriksaan dokumen, pihak Kemenag Sulsel kemudian mengirim berkas tersebut ke pusat untuk memdapatkan visa.

Kasubag Humas Kemenag Sulsel, Sopyan Akhmad mengatakan, pihaknya telah memeriksa sekitar lima kloter dengan jumlah 2275 dokumen, dari total 7789 dokumen, dari 24 kabupaten/kota jamaah Sulsel.

“Tujuan dilakukan pemeriksaan dokumen ini untuk mempersiapkan kelengkapan dokumen calon jamaah haji agar pada saat melaksanakan ibadah haji tidak mengalami kendala,” jelas Sopyan Akhmad kepada CELEBESMEDIA.ID, Kamis (13/6/2019).

Sejak dilakukan pemeriksaan dokumen, pihaknya menemukan 76 dokumen yang tidak sesuai data di paspor dengan data pada saat awal pendaftaran.

Kemenag Sulsel akan membuatkan surat keterangan bagi CJH yang tidak sesuai dengan data dokumen dan data pendaftaran, agar tidak mengganggu perjalanan haji nantinya.