Dahulu Taman Bunga Indah, Saat Ini Menjelma Jadi Pasar Maricaya

Pasar Maricaya.

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Terdapat beberapa pasar tradisonal yang sudah ada sejak lama di kota Makassar. Salah satunya adalah pasar Maricaya yang telah berdiri sejak akhir tahun 1960-an.

Berdasarkan data dari beberapa pedagang terlama yang ada di pasar ini, lokasi pasar Maricaya yang sekarang, dahulunya adalah sebuah taman bunga indah milik Belanda.

“Menurut sejarah bahwa di zaman Belanda tempo dulu, tempat ini adalah taman bunga yang sangat menawan dan menjadi kunjungan warga di sore harinya,” tutur Dg Naba, pedagang sayuran kepada CELEBESMEDIA.ID, Jumat (30/11/2018).

Namun setelah kemerdekaan, taman bunga itu tidak lagi terurus sehingga menjadi tempat kumuh. Oleh karenanya Pasar Maricaya yang pertama berlokasi di pertigaan Jalan Bulukunyi dan Jalan Monginsidi ini dipindahkan.

“Walikota pada saat itu H M Daeng Patompo, melihat bahwa pasar itu tidak lagi mendukung kemajuan kota, maka pasar Maricaya dipindahkan ketempat yang sekarang ini di Jalan Veteran Selatan,” tambahnya.

Sampai saat ini pasar Maricaya masih berlokasi di jalan Veteran Selatan, kelurahan Maricaya, kecamatan Makassar. Para pedagang pun juga menjelaskan nama dari pasar Maricaya adalah karena terletak di kelurahan Maricaya.

“Pasar ini adalah satu-satunya pasar yang berada di jalan poros Veteran dan sudah ada sejak lama, namanya Maricaya karena tempat ini terkenal dengan kawasan Maricaya dulunya,” ujar H Nurmayanti, pedagang sembako.

Tags :