UMKM 'Naik Kelas' Diharap Dongkrak PAD Makassar

Kadis Koperasi dan UMKM Makassar, Sri Sulsilawati dalam BBS Celebes Radio, Selasa (29/3/2022) - (ist)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor yang terdampak pada masa pandemi. Namun dengan kondisi perekonomian yang sudah mulai bangkit, UMKM dinilai menjadi salah satu sektor yang dapat menyokong ekonomi tiap daerah. 

Menyadari pentingnya menghidupkan UMKM, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar, Sri Sulsilawati mengaku telah melakukan beberapa langkah untuk menjadikan UMKM di Makassar naik kelas agar dapat mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Makassar.

"Langkah pertama yang telah kita lakukan yakni bagaimana data-data pelaku UMKM di Makassar bisa akurat.  Mulai dari tingkat RT/RW melakukan pendataan secara massif tentang pelaku UMKM di Makassar. Kami berharap semua pelaku UMKM masuk ke data center yang akan kita bangun," ucap Kadis Koperasi dan UMKM Makassar dalam Blak-Blakan Seru Celebes Radio, Selasa (29/3/2022).

Pelaku UMKM yang masuk dalam database Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar tentunya akan mendapatkan pendampingan. Selain itu para pelaku yang terdaftar ini akan lebih mudah menjualkan produk mereka melalui marketplace yang dibuat Pemerintah Kota Makassar.

"Marketplace ini dapat saling memudahkann mendapatkan data secara akurat dan transparan serta real time. Hal ini dapat dimaksimalkan untuk memberikan kontribusi dalam  mengdongkar PAD," lanjutnya. 

UMKM naik kelas ini, kata Sri Sulsilawati juga merupakan program pemerintah pusat untuk mempercepat pemulihan ekonomi di masa pandemi. 

"UMKM naik kelas adalah sasaran kita, bagaimana produk kita berkualitas, berdaya saing sehingga bisa masuk pasaran hingga mampu menembus pasar internasional," tuturnya.

Pelaku UMKM yang terdaftar dalam data Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar telah mendapatkan jaminan dari pemerintah kota berupa pengembangan produk baik dari segi kualitas maupun pemasarannya. 

Sementara itu berdasarkan data Dinas Koperasi Kota Makassar saat ini sudah ada 150 pelaku UMKM yang terdaftar di marketplace tersebut. Pendaftarannya dapat dilakukan secara online di website resmi Dinas Koperasi dan UMKM Makassar atau mengunjungi kantor Dinas Koperasi dan UMKM Makassar. 

"Sebagai tahap pertama kami akan membuka pendaftaran hingga 2 pekan ke depan dan akan berkelanjutan. Pelaku UMKM yang telah mendaftar ini tetap kami akan seleksi dna melihat yang mana benar-benar memiliki semangat wirausaha," tutupnya.