19 Rumah Terbakar di Rappokalling Makassar, Diduga Akibat Korsleting

Kebakaran di Rappokalling Makassar, Senin (26/9/2022) - (foto by Darsil Yahya)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Sebanyak 19 rumah hangus terbakar saat si Jago Merah mengamuk di kawasan pemukiman padat penduduk di Jalan Rappokaling Timur 1 Lorong 2, Kelurahan Tammua Kecamatan Tallo, Senin (26/9/2022) Pukul 18.08 Wita. 

"Jadi ada 19 atap (rumah) yang terbakar, ini rumah petak (kamar kos) dan rumah sendiri," kata Kepala Dinas Damkar, Hasanuddin di lokasi.

Hasanuddin mengaku dalam insiden ini pihaknya mengerahkan sebanyak 27 mobil Damkar untuk memadamkan api. 

 21 unit mobil Damkar dari Markas Komando (Mako) di Jalan Ratulangi Makassar dan 3 unit diperbantukan dari Posko Timur sedangkan 3 unit lainnya dari Posko Carester Ujung Tanah.

Dalam insiden ini, Hasanuddin mengatakan timnya mengalami kendala memadamkan api. Diantaranya akses jalan yang sempit dan banyaknya warga yang berkerumun untuk melihat secara dekat insiden kebakaran tersebut. Kobaran api baru bisa dipadamkan pukul 19.30 Wita. 

"Kendala kita, jalan lumayan padat begitu kita tiba di lokasi banyak warga yang menonton, termasuk yang akses-akses masuk ke lokasi kita dapat itu lewat lorong-lorong kecil," bebernya. 

Dirinya pun menuturkan, dugaan sementara kebakaran terjadi karena korsleting listrik atau arus pendek listrik dari sebuah rumah warga sehingga mengakibatkan belasan rumah terbakar.

 "Penyebab sementara kita duga arus listrik," tandasnya

Berdasarkan catatan Ketua RT setempat, data pemilik 19 rumah yang terbakar diantaranya :

1. Hj. Kase

2. Muhtar

3. Baharuddin

4. Salma

5. Muh Yusuf

6. Zainiuddin 

7. Dg. Jarre

8. Saparuddin 

9. Ati

10. Sudirman 

11. Muh Padu 

12. M sahar 

13. Saparuddin 

14. Dg Bunga 

15. Dg Bulan 

16. Muh Basri 

17. Mantasia 

18. Suku Dg Beta 

19. Dg Mantang

Laporan: Darsil Yahya