Prof Basri: Isra Mi'raj Adalah Refleksi Umat Islam

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pengurus Masjid Al Markaz Al Islami Makassar menggelar peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah, Sabtu (18/2/2023).

Isra Miraj tahun ini mengusung tema "Semangat Isra Mi'raj untuk menguatkan Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathaniyah, Ukhuwah Insaniyah".

Kegiatan kali ini menghadirkan Pimpinan Pusat Lembaga Ilmu dan Dakwah Shirratal Mustaqim Makassar, Habib Hamid Bin Muh Al Hamid dan Pengurus Ponpes Al-Fatah Temboro, Jawa Timur, Gus Mahmud Al Hasan.

Pantaun di lokasi, acara dihadiri ribuan jamaah baik laki-laki maupun perempuan, jamaah laki-laki berada di lantai bawah sedangkan jamaah perempuan berada di lantai 2 masjid.

Acara Isra Mi’raj diawali dengan ucapan 'La ilaha illallah' kemudian dilanjutkan dengan zikir "Subhanallah Walhamdulillah Wala Ilaha Illallah Wallahu Akbar".

Lantunan zikir itupun menggema di masjid termegah dan terbesar di titik sentral kawasan timur Indonesia ini.

Ketua Umum Yayasan Al Markaz Al Islami, Prof Dr Basri Hasanuddin mengatakan peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah tahun ini dihadiri ribuan jamaah dan memenuhi lantai 1, 2 dan 3.

"Ini sebagai refleksi daripada semangat kita sebagai umat Islam untuk merayakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah Islam yaitu peristiwa Isra Mi'raj. Mudah-mudahan acara kita malam hari mendapatkan berkah dari Allah SWT," ucap Prof Basri dalam sambutannya.

Menurut dia, sebagai umat Islam sudah sepatutnya memperingati Isra Mi'raj sebab merupakan peristiwa yang sangat penting karena mukjizat bagi Nabi Muhammad SAW.

"Mudah-mudahan doa dan zikir yang dikumandangkan oleh ribuan jamaah pada hari ini dapat membuka pintu-pintu langit dan doa-doa yang kita panjatkan tembus ke angkasa dan semua doa kita diijabah oleh Allah SWT," pungkasnya.

Laporan : Darsil Yahya