Makassar Mulai Diguyur Hujan, Pengaruh Pancaroba

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Usai diterpa kemarau panjang selama beberapa bulan, kini hujan mulai mengguyur sebagian wilayah di kota Makassar, Selasa (15/10/2024) siang.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Makassar, sejumlah wilayah yang terguyur hujan disertai kilat, ialah sebagian Kecamatan Rappocini, Panakkukang, Tamalate, Tamalanrea, Ujung Pandang dan Sekitarnya. 

Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, Bagus Primohadi mengungkapkan hujan yang mengguyur sebagian wilayah Makassar hari ini, merupakan pengaruh dari musim pancaroba yang telah masuk di Makassar

Musim pancaroba merupakan peralihan musim dari kemarau ke musim hujan

 Bagus Primohadi juga mengatakan untuk musim kemarau di Makassar telah berakhir sejak bulan September, meski belum begitu terasa. 

" Hujan yang mengguyur merupakan pengaruh dari pancaroba, saat ini sendiri musim pancaroba sudah terjadi, bahkan sedang berlangsung hingga saat ini, karena musim kemarau itu berakhir di bulan September, " jelas Prakirawan BMKG wilayah IV Makassar, Bagus Primohadi pada Celebesmedia. 

Ia pun menyampaikan, saat ini intensitas hujan memang belum terlalu besar, rata-rata intensitasnya masuk kategori sedang. 

Puncak musim hujan diprediksi baru akan terjadi pada bulan Desember mendatang hingga bulan Januari tahun 2025.

" Untuk prediksi musim, untuk mulai meningkatnya prediksi curah hujan sendiri mulai akan terasa lebih besar di awal November untuk puncaknya sendiri di bulan Desember hingga Januari 2025, " sambungnya. 

Adapun awal musim hujan diperkirakan akan masuk di wilayah Kota Makassar, pada akhir Oktober mendatang, atau dasarian 3 bulan Oktober. 

"Awal musim hujan untuk di wilayah kota Makassar, mulai terjadi di akhir bulan Oktober, atau dasarian 3 Oktober," pungkasnya.

Laporan: Riski