Waspada Penipuan, Ini Cara Memilih Investasi Aman

Ilustrasi investasi -;(foto by: pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Era yang serba canggih menawarkan berbagainkemudahan, salah satu dalam hal investasi.

Bahkan ada aplikasi investasi yang sangat ramah untuk pemula, dengan menggunakan smartphone, semua orang bisa memulai investasi dengan mudah, termasuk generasi milenial.

Namun mencari tempat investasi yang aman bukanlah perkara mudah. Sebab, ada banyak sekali modus investasi bodong yang tentu akan sangat merugikan para investor.

Ashabul Kahfi, Branch Representative Phintraco Sekuritas Cabang Makassar menjaskan hal yang paling perlu diperhatikan payung hukum dari tempat berinvestasi. 

"Dalam memilih investasi yang benar itu, perlu dilihat itu yang ada payung hukumnya. Ada yang mengawasilah. Dalam hal ini ada otoritas yang mengawasi dalam hal ini OJK (Otoritas Jasa Keuangan), apakah masuk dalam OJK atau tidak" ucap Ashabul Kahfi dalam Blak-blakan seru Celebes Radio, Selasa (15/3/2022). 

Selain itu calon investor juga harus memperhatikan risiko dari jenis investasi yang dipilih baru kemudian menganalisanya. 

"Setelah itu kita lihat risiko dan keuntungan yang kita dapatkan apa. Risikondan keuntungan  harus berbanding lurus, baru lanjut pada tahalan analisa bagaimana bisa memaksimalkan keuntungan yang ada dan meminimalisir risiko," ucapnya.

Ada banyak jenis investasi, namun yang paling cocok bagi milenial menurutnya adalah saham dan emas karena dapat memulai tanpa modal yang besar.

"Emas dan saham harganya sangat terjangkau dan sifatnya flexibel. Kenapa tidak saya masukkan properti karena membutuhkan modal besar," tutupnya.