‘Literasi dan Moderasi Dakwah Syekh Yusuf’ di Obrolan Karebosi

CELEBESMEDIA.ID, Makassar-Muhammad Yusuf atau yang biasa dikenal dengan sebutan Syekh Yusuf al-Makassari merupakan adalah seorang ulama, sufi dan pejuang bangsa Indonesia. Syekh Yusuf lahir pada tanggal 3 Juli tahun 1626 yang bertepatan dengan 8 Syawal 1036 Hijriyah di daerah Gowa, Sulawesi Selatan.  Pada saat berusianya yang ke 19 tahun Syekh Yusuf mulai pergi meninggalkan kota Gowa guna menuntut ilmu ke luar negeri.

Meski terlahir di Gowa, namun Syekh Yusuf menghabiskan sebagian besar hidupnya berdakwah di negeri orang. Bukti ketokohan Syekh Yusuf adalah gelar pahlawan nasional yang diberikan oleh dua negara lintas benua, yakni Republik Indonesia dan Republik Afrika Selatan.

Mengangkat kemasyhuran tokoh Syekh Yusuf, tahun ini akan digelar sebuah seminar nasional yang bertema “Literasi dan Moderasi Dakwah Syekh Yusuf”. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan forum nasional yaitu Forum Dekan Dakwan dan Komunikasi se-Indonesia.

Mengapa Syekh Yusuf menjadi tema besar dalam seminar internasional terssebut? Bagaimana sesungguhnya jejak dakwah Syekh Yusuf? Saksikan penjelasannya di Obrolan Karebosi menghadirkan H Iftitah Djafar Ketua panitia Semeninar Nasional “Literasi dan Moderasi Dakwah Syekh Yusuf” dan Irwan Misbach selaku Ketua Panitia Forum Dekan PTKIN se-Indonesia, Senin malam ini (14/6/2022) pukul 20.00 Wita di Celebes TV.