Mahasiswa Sayangkan Bus Mamminasata Koridor 3 dan 4 Berhenti Beroperasi

CELEBESMEDIA.ID, Makassar -  Mahasiswa mengeluhkan Pemberhentian Operasional Teman Bus Trans Mamminasata koridor 3 dan 4 di Kota Makassar per 1 Januari 2024.

Pasalnya, selama ini bus tersebut menjadi salah satu alternatif transportasi bagi mahasisw untuk pergi dan pulang dari kampus. 

Kedua koridor yang berhenti beroperasi merupakan jalur yang melewati beberapa kampus seperti Kampus Unhas Fakultas Teknik, UIN Alauddin Makassar, Kampus 2 PNUP dan Kampus 1 PIP.

Adapun rute koridor 3 yaitu Kampus 2 PNUP - Kampus 1 PIP dan rute koridor 4 yakni Kampus Unhas Fakultas Teknik - Mall Panakkukang Square.

Salah seorang mahasiswa UIN Alauddin Makassar, Ghina mengutarakan kekecewaannya terhadap keputusan dari diberhentikannya jalur koridor 4 Trans Mamminasata.

"Sebagai pengguna aktif tentu merasa kecewa dan terdampak dari diberhentikannya bus di koridor tersebut utamanya koridor 4 karena itu rute untuk ke kampus" ungkapnya saat diwawancari oleh CELEBESMEDIA.ID, Rabu (3/1/24).

Ia mengaku dengan berhentinya jalur koridor 4  membuatnya harus mencari alternatif lain untuk sampai ke kampus dengan tarif yang terbilang lebih mahal dibandingkan Trans Mamminasata.

"Biasanya paling bareng teman atau naik ojol tapi dengan tarif ya yang pasti lebih". Tangkasnya

Hal senada juga diungkapkan Muzawwir yang juga merupakan seorang Mahasiswa menilai pemberhetian Trans Bus Mamminasata koridor 3 dan 4 ini merupakan hal yang sangat disayangkan.

"Menurutku sangat disayangkan karena masyarakat yang sudah sering gunakan harus cari lagi alternatif lain untuk bisa bepergian terutama mahasiswa yang belum punya kendaraan pribadi" jelasnya.

Tak hanya itu, ia mengungkapkan hal ini dapat menyebabkan tingkat kemacetan di Kota Makassar akan kembali meningkat.

"Adanya bus juga untuk meminimalisir penggunaan kendaraan pribadi jadi kalau dikoorder itu berhenti beroperasi bisa jadi semakin meningkat lagi penggunaan dalam pribadi jadinya tambah sering macet pada saat masih beroperasi saja bus yang mungkin satu-satunya kendaraan umum masih sering macet apalagi kalau berhenti beroperasi," pungkasnya 

Sementara, hingga berita ini dimuat pihak UPTD Mamminasata yang dihubungi CELEBES MEDIA, belum memberikan penjelasan rinci alasan pemberhentian Bus Mamminasata Koridor 3 dan 4.

Laporan: Raudhatul Jannah