Pengunjung Membludak, Macet hingga Desak-desakan di Pembukaan F8

Pengunjung membludak di pembukaan Festival F8 Makassar - (foto by Riski)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pengunjung membludak di pembukaan  Festival F8 Makassar Rabu (24/7/2024). Akibatnya para pengunjung desak-desakan. 

Untuk masuk ke dalam lokasi acara, pengunjung harus antri berjam lamanya. Sejak sore pengunjung telH berbondong-bondong memdati anjungan Pantai Losari. Jelang malam hari, pengunjung pun semakin ramai yang membuat mereka sulit bergerak.

Banyaknya pengunjung juga berdampak pada kemacetan lalu lintas di sekitar tempat Festival F8 Makassar

Sebelumnya Dinas Perhubungan (Dishub) kota Makassar telah melakukan rekayasa lalu lintas di beberapa jalan dengan tujuan mengurangi kemacetan saat hari penyelenggaraan F8.

Namun, rekayasa lalu lintas yang dirancang tak mampu membendung ramainya kendaraan pada pembukaan F8 Makassar 2024.

Sejumlah jalan, sekitar anjungan Losari dan Center Point Of Indonesia (CPI), seperti jalan Rajawali, Jalan Metro Tanjung Bunga juga padat sehingga menghambat arus lalu lintas di kawasan tersebut. 

Selain itu, ratusan warga yang ingin menyaksikan festival tersebut juga tampak membludak di area pintu masuk, mereka tampak berdesak-desakan untuk memasuki area tersebut.

Salah satu pengunjung, Syarif (22) mengaku kelelahan saat harus mengantri di pintu masuk menunggu giliran. 

" Ramai banget, ramai sekali, tadi di pintu masuk desak-desakan orang mau masuk, bikin capek dan bikin sesak, " Ujar Syarif (22), pada tim CELEBESMEDIA, Rabu (24/7).

Beberapa pengunjung juga sempat dikagetkan dengan tarif parkir yang begitu tinggi saat memarkirkan kendaraannya di sekitar kawasan anjungan Losari. 

Syarif menceritakan biasanya parkir untuk kendaraan roda 2 maksimal hanya di patok diangka Rp5.000, namun hal yang berbeda terjadi saat ia menghadiri pembukaan F8 ini, ia bahkan harus merogoh kocek Rp10.000, dua kali lipat dari yang ia perkirakan. 

"Tadi saya bayar parkir kan, Tiba-tiba tukang parkirnya minta Rp10.000, sempat kaget karena biasanya kan paling mahal itu cuman Rp5.000 biasanya, sudah berapa kali juga kesini, tapi tadi tiba-tiba naik 2 kali lipat, tapi saya nda tau apakah memang tarifnya ketentuannya seperti itu atau bagaimana, karena belum di konfirmasi, " hcapnya. 

Sebagaimana yang diketahui Festival Delapan (F8) merupakan gelaran pesta tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Makassar. Sesuai jadwal F8 akan digelar selama 4 hari,  mulai dari tanggal 24-28 Juli 2024.

Laporan: Riski