DPRD Sulsel Harap Perpustakaan Jangkau hingga ke Daerah Pelosok

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - DPRD Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali menggelar rapat kerja Panitia Khusus di ruang kerja Komisi E DPRD Sulsel, Jumat (2/9/2022). 

Rapat tersebut membahas rancangan Peraturan Daerah (Perda) tentang transformasi penyelenggaraan perpustakaan.

Rapat pansus pembahasan Ranperda ini dipimpin Andi Fauzi Wawo. Ia mengungkapkan tujuan Ranperda ini dibentuk agar perpustakaan di Sulawesi Selatan mampu mengcover seluruh lapisan masyarakat, tidak hanya bertumpu pada tingkat kabupaten dan kota melainkan sampai ke pelosok.

"Di semua lingkup pemerintahan sampai terkecil tingkat kelurahan diharapkan itu yang kita mau penyebaran perpustakaan ada dimana-mana," tuturnya.

Ia menjelaskan saat ini sudah jaman digitalisasi sehingga literasi digital diperlukan. 

“Penyelenggaraan perpustakaan sebenarnya sudah ada Pergubnya. Tapi ruang lingkupnya terbatas. Kita mau mengcover hingga ke tingkat desa, dusun dan daerah terpencil,” jelasnya.

Legislator fraksi PKB itu juga menjelaskan akan mengusahakan untuk melakukan percepatan. 

"Sebulan paling lama karena habis ini kita Kunjungan kerja ke Jakarta kemudian melakukan RDP dengan penggiat literasi dengan dinas perpustakaan terkait ranperda transformasi perpustakaan," tutupnya.

Rapat kerja pansus tersebut turut hadir  Sinas Perpustakaan dan Kearsipan provinsi Sulsel, kelompok ahli pakar  dan tim ahli DPRD Sulsel.

Laporan: Ardi Jaho