Bahas Pendidikan dan Dakwah, Wakil Ketua DMI Kunjungi Universitas Al Azhar di Mesir

Bucek . 27-11-2021, 20:28
Syafruddin Kambo (tengah) - (ist)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), Syafruddin Kambo melakukan lawatan ke Kairo, Mesir. Syafruddin yang membawa rombongan 40 kiai Indonesia tersebut tiba sejak Jumat (26/11/2021).

Mereka akan bertemu dengan beberapa tokoh penting Islam Al Azhar dalam rangka silaturahmi, bertukar pikiran dan membahas sinergi kerjasama Indonesia dengan Mesir dalam bidang pendidikan, dakwah dan keislaman wasatiyah di Tanah Air.

Namun disela-sela kunjungannya tersebut, Syafruddin bersama rombongan berkesempatan mengunjungi objek wisata penting di Mesir.

"Alhamdulilah, hari ini saya berkesempatan ziarah langsung ke makam Imam As Syafi'i. Beliau adalah sosok yang saya kagumi dan juga imam mazhab sebagian besar umat Islam di Indonesia," kata Syafruddin Kambo, Sabtu (27/11).

Bagi mantan Wakapolri tersebut, ziarah ke makam Imam Syafi'i merupakan sebuah kehormatan. Ia juga bersyukur bisa berkunjung sebab kagum atas keteladanannya  dalam menerima berbagai pendapat mazhab lain.

Selain ke makam Imam Syafi'i, Syafruddin dan rombongan juga berkunjung dan menunaikan Shalat Jum'at di Masjid Al-Azhar, mengunjungi Museum Fir'aun, Piramida serta ke Benteng Salahudin Al Ayyubi.

Dalam lawatannya kali ini, Mantan Menteri PANRB itu  sengaja membawa 40 kiai Indonesia karena akan melaksanakan agenda kegiatan yang penting, seperti bertemu dengan Grand Syekh Al Azhar dan Rektor Al Azhar Kairo, Profesor Dr Muhammad Al Mahrosowi, pada Minggu (28/11).

Seperti diketahui, hubungan Mesir (Al-Azhar) dengan Indonesia sangat erat, yang ditandai kunjungan Grand Syaikh Al-Azhar ke Indonesia pada 2016 dan 2018 lalu.

Dalam agenda lainnya, Syafruddin akan menemui Mantan Rektor Al-Azhar, yang merupakan Dewan Pembina Yayasan Museum Rasulullah, Prof. Dr. Ibrahim Al Hudhu dan Sekjen Pusat Riset keislaman Al Azhar, Prof. Dr Nadhir Ayyadin, serta menghadiri sidang terbuka S3 Pimpinan Pondok Modern Tazakka, KH. Anang Rikza di Universitas Suez Canal Ismailiyah.

Reaksi

Sedih 0%

Marah 0%

Senang 0%

Terkejut 0%

Guest

0 Comment