Polisi Tangkap Ketua dan Sekretaris Khilafatul Muslimin Maros

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sujana - (foto by Darsil Yahya)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan telah menangkap dua orang terkait aktivitas Organisasi Masyarakat (OrmasKhilafatul Muslimin di Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros.

"Khusus di Sulawesi Selatan kami sudah mengamankan dua tersangka dan sudah kami tingkatkan kepenyidikan dan sedang kami kembangkan," kata Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen Pol Nana Sudjana kepada awak media di Masjid Al Markaz Al Islami Makassar, Senin (20/6/2022).

Nana Sudjana mengungkapkan keduanya merupakan Ketua dan Sekretaris Khilafatul Muslimin. "Dua orang yang sudah kita amankan sebagai tersangka yakni Ketua dan sekretaris Khilafatul Muslimin. Ketua berinisial HI dan Sekretaris H," tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga telah memeriksa  sebanyak 17 saksi terkait keberadaan Khilafatul Muslimin di Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros.

"17 saksi juga yang telah kami periksa dan kita mintai keterangan terkait dengan ormas Khilafatul Muslimin," tuturnya.

Adapun barang bukti yang diamankan dari tersangka kata Nana Sudjana adalah buku-buku panduan jihad dan bendera Khilafatul Muslimin. "Kita amankan buku-buku panduan kemudian juga ada bendera (Khilafatul Muslimin).

Meksi demikian ia mengatakan saat ini Pondok Pesantren Ormas Khilafatul Muslimin belum ditutup sebab masih dalam penyidikan.

"Sementara dalam proses penyidikan tapi sebagian juga ada beberapa dari masyarakat yang tergabung dalam ormas Khilafatul Muslimin mereka akan membuat deklarasi kembali keajaran Islam yang kaffah," tandasnya.

Sementara Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Komang Suartana menyebut Ormas Khilafatul Muslimin sudah mengganggu atau membuat ancaman di Sulsel.

"Sudah mengganggu keamanan dan ke Bhinekaan NKRI kita karena sudah menyimpang dari aturan-aturan yang ditentukan," pungkasnya.

Laporan: Darsil Yahya