DPRD Sulsel Minta Gubernur Segera Rampungkan Proyek Mangkrak

Rapat Paripurna HUT Sulsel ke-353, Rabu (19/10/2022) - (foto by Ardi Jaho)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari meminta Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman segera merampungkan proyek pembangunan Sulsel yang masih terbengkalai. Pasalnya masa jabatan Andi Sudirman akan berakhir pada Desember 2023.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Sulsel saat rapat paripurna perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Sulsel ke-353 di Gedung Paripurna DPRD Sulsel, Rabu (19/10/2022).

Komitmen dan keteguhan Gubernur Sulsel, kata Andi Ina Kartika sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan pembangunan di Sulsel. Sehingga nantinya tidak ada proyek mangrak di akhir masa jabatan ASS.

"Perlu kami ingatkan karena banyak kejadian berakhirnya masa jabatan kepala daerah terkadang menyisakan proyek mangrak yang meninggalkan bangunan-bangunan yang tidak memiliki kejelasan kelanjutan pembangunannya," ucap Ina Kartika Sari.

Meski demikian ia turut mengapresiasi upaya Pemprov Sulsel dalam percepatan pertumbuhan ekonomi pasca wabah Covid-19.

"Pertumbuhan ini menandakan bahwa ekonomi Sulsel menjadi membaik sejak pandemi. Meski demikian kami memperingatkan kembali kepada Pemerintah Sulsel untuk terus memaksimalkan potensi yang ada sehingga pertumbuhan ekonomi pada RPJMD Sulsel tahun 2018-2023 sebesar 5,24% sampai 6,24% 2023 tetap dapat tercapai," pungkasnya.

Senada dengan itu Legislator DPRD Sulsel Sri Rahmi menuturkan di hari jadi Sulsel ke-352, Pemprov Sulsel harusnya menjadikan Makassar sebagai Center Point Indonesia Timur. Sulsel juga harusnya berbenah dalam segi fasilitas olahraga.

"Pada HUT Sulsel ke -353 ini bagaimana mendorong diadakannya sarana dan prasarana olahraga, selama ini yang menjadi icon sarana olahraga adalah stadion Mattoanging, namun setelah dirobohkan hingga kini pembangunannya belum selesai," ucapnya.

Selain Stadion Mattoanging, ada beberapa sarana olahraga yang menjadi aset Pemprov juga terbengkalai.

"Saat ini belum ada perhatian pemerintah terhadap perbaikan sarana olahraga seperti GOR sudiang. Itukan juga belum memadai untuk dijadikan sebuah tempat event nasional. Kemudian (stadion) Barombong itu juga bermasalah. Sulsel sebagai Center Point Indonesia Timur harusnya berbenah dalam segi fasilitas olahraga," tutupnya.

Dalam rapat Paripurna HUT Sulsel ke-353, tampak  Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menggunakan baju adat suku kajang, sedangkan ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari mengenakan pakaian suku Toraja. Hadir pula dalam kegiatan tersebut Forkompinda Sulsel beserta legislator DPRD Sulsel.

Laporan: Ardi Jaho