Milad ke-28, Al-Markaz Disebut sebagai Wajah Umat Islam di Makassar

Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat memberikan sambutan pada pembukaan Pameran Kilad ke-28 Masjid Al-Markaz - (foto by Riski)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Masjid Al-Markaz Al-Islami memperingati milad ke -28 tahun. Sebagai salah satu masjid terbesar yang telah lama berdiri, Masjid Al-Makaz disebut sebagai wajah umat Islam di Makassar.

Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyampaikan hal tersebut saat memberikan sambutannya saat menghadiri pembukaan pameran Travel Umrah dan Haji, Perumahan, serta Bazar UMKM dalam rangka milad ke-28 Masjid Al-Markaz Al-islami, Kamis (11/01/2024).

"Al-Markaz ini menjadi simbol dan wajah kita semua, Baik buruknya Al-Markaz itu menjadi baik buruknya kita semua, sehingga ini menjadi Siri' na Pacce'nya kita terutama bagi umat Islam di kota Makassar," ungkap Danny Pomanto, sapaan akrab Walikota Makassar.

Perayaan milad ke-28 ini dirangkaikan dengan berbagai kegiatan, seperti Pameran Travel Haji dan Umrah, Bazar UMKM, Eksebisi Kaligrafi, Pelatihan Adzan, dan Diskusi Publik serta Kajian Akbar.

Ketua Panitia Satria Majid mengungkapkan ada 35 tenan yang hadir dengan rincian 24 tenan travel umrah dan haji, 5 tenan perumahan, dan 6 tenan bank, rumah sakit, dan lain-lain.

"Jumlah tenan itu ada 35 tenan, ada tenan travel umrah dan haji, tenan perumahan, Tltenan Bank BSI, dan lain-lain," jelas Ketua Panitia Satria Majid.

Sementara untuk UMKM di estimasi kan ada sekitar 200 tenan yang akan hadir turut memeriahkan rangkaian acara Milad Ke-28 Masjid Al-Markaz selama 4 hari.

" Kita perkirakan ada 200 Tenan UMKM juga yang akan memenuhi kawasan masjid Al-Markaz mulai besok, dan seluruh elemen masyarakat bisa ikut juga," sambung nya.

Selain itu ada sekitar 50 kaligrafi dalam pameran yang berlangsung di Masjid Al-Markaz.


(Masjid Al-Markaz Al-Islami - foto by Dok CELEBESMEDIA)

Masjid megah ini dirancang oleh arsitek yang telah menggawangi pembuatan berbagai masjid besar, Ir. Ahmad Nu’man. Arsitekturnya terinspirasi dari Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Meskipun begitu, bentuk masjid tidak melupakan unsur arsitektur khas Sulawesi Selatan dengan atap berbentuk kuncup segi empat. 

Ada 450 tiang pancang berkedalaman 21 meter yang menyanggah dengan kokoh masjid ini. Untuk bagian atap digunakan bahan tembaga atau tegola buatan Italia. Dinding lantai satu menggunakan keramik, sedangkan lantai dua dan tiga menggunakan batu granit.

Masjid Al-Markaz Al Islami memiliki menara setinggi 84 meter, dengan ukuran 3 x 3 meter. Tinggi menara ini hanya kurang 1 meter dari menara Masjid Nabawi. Pada ketinggian 17 meter menara tersebut terdapat bak penampungan air bervolume 30 m³.

Laporan : Riski