Depo Pertamina Ancam Warga, DPRD Sulsel Bersurat ke Kementerian ESDM

Rapat Dengar Pendapat DPRD sulsel soal Depo Pertamia Jalan Sabutung, Jumat (8/9/2023) - (foto by Ardi Jaho)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Depo Pertamina di jalan Sabutung Kelurahan Tamalabba Kota Makassar dinilai mengancam keselamatan warga.

Beberapa lembaga survei di Indonesia yang mengatakan keberadaan depo Pertamina yang berada di Jalan Sabutung  akan  mengancam kesehatan, keselamatan hingga berpotensi menelan korban jiwa.

Namun hingga berita ini dimuat Pihak Pertamina MOR VII Makassar belum melakukan evaluasi secara menyeluruh terkait Depo Pertamina di Jalan Sabutung.

Humas PT. Pertamina MOR VII Makassar Romi Bahtiar enggan berkomentar saat awak media mencoba mengonfirmasi sebelum rapat dengar pendapat di DPRD Sulsel dihelat, Jumat (8/9/2023).

"Kita ikuti saja hasil rapat dengar pendapat bersama DPRD Sulsel," ucapnya.

Sementara itu Ketua Komisi D bidang Pembangunan DPRD Sulsel A. Rachmatika Dewi berjanji akan menyurat ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI terkait keberadaan Depo Pertamina yang berdekatan dengan permukiman penduduk.

"Kita akan   langsung di kementrian, karena sesuai dengan instruksi presiden tidak boleh sebenarnya berada di kawasan permukiman itu akan menjadi acuan yang kita berikan kepada kementerian nantinya," tuturnya.

Ia pun menambahkan pembahasan Depo Pertamina di Jalan Sabutung ini akan dilanjutkan dengan mendudukkan warga dan pihak pertamina. Selain itu harus ditelusuri lebih lanjut apakah tanah tempat Depo Pertamina tersebut masuk dalam lingkup Pemerintah Kota Makassar atau bukan.

"Kalau pembangunan Depo Pertamina masuk di Pemerintah kota melalui RT/RW berarti tanahnya di Pemkot bukan di DPRD Sulsel," jelasnya.

Laporan: Ardi Jaho