Warga Minta Pemerintah Buktikan Pembangunan Stadion Mattoanging

Kondisi terkini Stadion Mattoanging, Kamis (1/12/2022) - (foto by Wahyu Saputra)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Kondisi Stadion Mattoanging masih memprihatinkan. Alih-alih telah berdiri gagah di tahun 2023 nanti sesuai  tenggat awal perampungan proyek tersebut. Namun hingga akhir 2022 ini, yang tampak hanya lubang bekas galian stadion bak kolam renang yang ditumbuhi rumput liar. Puing- puing bekas bangunan yang telah diruntuhkan juga berserakan di lokasi stadion.

Warga berharap agar proyek Stadion Mattoanging segera dirampungkan. Wahyudi, warga Makassar meminta pemerintah membuktikan janji untuk membangun Stadion Mattoanging setelah dipugar setelah dirobohkan tahun 2020 lalu.

"Selaku warga Makassar sih berharap banyak dari keputusan kemarin. Insya Allah ke depannya cepat terealisasi. Kita juga berharap tim kebanggaan kita PSM Makassar  punya stadion yang layak agar tidak jadi tim musafir lagi,” ucap Wahyudi kepada CELEBESMEDIA.ID, Kamis (1/12/2022).

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bersama DPRD Sulsel telah sepakat menyetujui anggaran sebesar Rp200 miliar untuk pembangunan Stadion Mattoanging di 2023. Anggaran tersbeut telah disetujui dalam rapat paripurna Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023 di tahun, Selasa (29/11/2022).

Wahyudi berharap anggaran tersebut dapat segera dibunakan untuk memulai pengerjaan pembangunan Satdion Mattoanging.

“Alhamdulillah dengan keputusan kemarin, kami harap di 2023 bisa terealisasi dengan baik bukan cuman janji lagi," ucapnya.

Satdion Mattoanging merupakan stadion tua yang dibangun dalam rangka pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-4 di Makassar tahun 1957 itu. Stadion ini dirobohkan pada saat kepemimpinan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, pada 21 Oktober 2020 dengan tujuan untuk pembangunan bangunan yang baru. Namun dua tahun berlalu sejak dipugar, bangunan baru Stadion Mattonging belum juga berdiri. Bahkan sudah 3 kali gagal tender.

Laporan: Wahyu Saputra