Universitas Bosowa Kukuhkan 1.864 Maba Angkatan 2022/2023

Pengukuhan Maba Unibos Tahun Ajaran 2022/2023 - (foto by Darsil Yahya)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Universitas Bosowa (Unibos) menggelar Penyambutan, Pengukuhan dan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2022/2023 di Balai Sidang 45 Makassar, Kamis (1/9/2022).

PKKMB Unibos yang mengusung tema Unibos Freshers’ Week 2022 ini diikuti sebanyak 1.864 mahasiswa baru.

PKKMB merupakan agenda tahunan untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri. 

Sekaligus sebagai ajang adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari mulai 1-3 September 2022 dengan konsep tetap mengangkat Unibos sebagai kampus multicultural dari ragam budaya, agama dan asal daerah. 

Rangkaian kegiatan di hari pertama terdiri dari selebrasi merah putih membentuk kata Unibos dari Mahasiswa Baru.

Serta penyematan secara simbolis jas almamater dan penyerahan nama-nama maba kepada sembilan dekan fakultas juga direktur pascasarjana, 

Tak hanya itu pengkuhan ini juga dirangkaikan dengan musikalisasi drama dan puisi, serta orasi ilmiah oleh Guru Besar Fakultas Hukum Unibos, Prof. Marwan Mas. 

Ketua Panitia PKKMB Arief Wicaksono mengungkapkan kegiatan ini dirancang civitas akademika agar lebih mengenal kehidupan kampus dengan metode yang segar, riang dan gembira.

"Sesuai dengan tema kita Freshers Week, metode yang segar riang gembira diharapkan dapat membentuk diri mereka menjadi mahasiswa berkarakter, toleran, inklusif dan siap menghadapi segala tantangan," ujarnya. 

Sementara, Rektor Unibos Prof Batara Surya menyambut para maba di kampus kebanggaan Unibos.

"Selamat datang untuk anak - anakku tercinta, meskipun kita dalam situasi yang tidak mudah, mari kita lebih meningkatkan semangat untuk berkarya, berinovasi guna tumbuh kembang generasi yang lebih aktif dan luas," katanya. 

Prof Batara Surya juga berbagi kiat sukses. Ia mengungkapkan jika ingin masa depan cerah, berawal dari setiap tantangan bukannya zona nyaman.

Sedangkan Ketua BPH Yayasan Aksa Mahmud Asrul Hidayat berharap kelak mahasiswa akan menjadi alumni yang memiliki keluhuran akhlak, giat belajar agar sukses serta berdaya saing global.

"Kami berharap dengan semua program yang telah disusun, mahasiswa dapat mengikuti dengan sebaik-baiknyaa untuk mencapai kesuksesan di masa depan," harapnya.

Berikit ini rincian Maba Unibos per fakultas dan pascasarjana

1. Fakultas ekonomi dan bisnis : 330 

2. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik : 128 

3. Fakultas Pertanian : 83

4. Fakultas Teknik : 528

5. Fakultas Hukum : 216

6. Fakultas Psikologi : 211

7. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan : 82

8. Fakultas Sastra :35

9. Fakultas Kedokteran : 108 

10. Pascasarjana (S2 dan S3) : 143

Laporan: Darsil Yahya