Penerobos Konvoi Jokowi di Makassar Tak Diproses Hukum

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Polisi berhasil menangkap pengendara motor ugal-ugalan yang menerobos iring-iringan rombongan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat melintas di Jalan Gunung Bawakaraeng, Makassar.

Mereka adalah JWD alias Darul (18), MH (25), dan Muh Fikri (23). Salah satu pelaku yang nekat menyalip iring-iringan Jokowi hingga nyaris tertabrak ialah Darul.

Ketiganya diamankan di Jalan Batua Raya 5, Kecamatan Panakkukang, Makassar, Kamis (30/3/2023).

Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Budhi Haryanto mengatakan, pelaku yang diketahui berinisial JD alias Darul (18) tidak bakal dilakukan proses hukum sesuai perintah Presiden Jokowi.

"Untuk perkara ini tidak diproses hukum namun kita akan lakukan pembinaan, bapak presiden menginginkan lebih mengaktifkan sosialisasi terhadap bagaimana orang berkendara dengan tertib sehingga tidak mengganggu pengguna jalan lainnya," kata Budhi di Mapolrestabes Makassar.

Budhi menjelaskan, kendaraan roda dua yang digunakan Darul ini merupakan kendaraan yang dipinjam dari rekannya yang rencananya bakal digunakan untuk ajang balap liar.

"Motor ini adalah motor seseorang yang dipinjam yang bersangkutan karena selama ini hobinya adalah balap liar. Perintah bapak presiden tidak usah diproses hukum namun kita akan lakukan pembinaan," ungkap perwira polisi berpangkat tiga bunga melati itu.

Lebih lanjut ia menceritakan kronologis Darul nekat menerobos konvoi presiden Jokowi, lantaran Darul tidak mengetahui bahwa konvoi itu merupakan rombongan orang nomor satu di Indonesia.

"Saat kendaraan rangkaian kosong tersebut berjalan, ada seseorang pengendara yang tidak tahu bahwa ada rombongan presiden, dia menerobos melanggar arus lalu lintas dengan melawan arus sehingga waktu berpapasan yang bersangkutan kaget dan kebingungan setelah itu yang bersangkutan melakukan memotong jalan di situlah viral," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, seorang pengendara motor tampak ugal-ugalan saat rombongan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melintas di Jalan Gunung Bawakaraeng, Kota Makassar, Rabu (29/3/2023) sore.

Aksinya pun viral setelah pengendara tanpa memakai helm dan knalpot bising itu tiba-tiba memotong iring-iringan kendaran Presiden Jokowi.

Laporan : Darsil Yahya