Munafri Arifuddin Ditunjuk Jadi Konsul Kehormatan Kroasia di Makassar

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Chief Executive Officer (CEO) PSM Makassar, Munafri Arifuddin dipilih menjadi Konsul Kehormatan (Honorary Consul) untuk Kota Makassar dari Pemerintah Republik Kroasia.

Hal itu disampaikan oleh Dubes Kroasia untuk Indonesia, Nebojsa Koharovic usai bertemu Rektor Unhas, Prof. Dwia Aries Tina Pulubuhu di Rektorat Unhas, Selasa (9/11/2021).

Ia menyebut, Appi sapaan akrab Ketua DPD II Golkar Makassar itu sebagai refresentasi yang Pemerintah Kroasia inginkan untuk menjembatani kerjasama bilateral antara Sulsel dengan negara pecahan Yugoslavia itu.

"Kami melihat, bapak Munafri Arifuddin ini adalah sosok yang mewakili kalangan milenial, penuh semangat, dinamis dan tentu ini yang kami (Kroasia) cari," kata Nebojsa Koharovic dalam bahasa Inggris.

Selain itu, Appi dianggap memiliki jejaring dan pengalaman yang sangat mumpuni dari semua bidang.

"Termasuk dibidang olahraga sepak bola, fokus wirausaha, dan tentu mewakili generasi muda," lanjutnya.

Disamping kapabilitasnya yang mumpuni, Munafri dengan Dubes Nebojsa Koharovic ternyata memiliki kedekatan subjektif. Kedekatan itu diakui Appi sudah terjalin sejak beberapa tahun terakhir ini.

"Sudah kenal sebelumnya. Teman. Beberapa kali ketemu sebelumnya. Ngobrol-ngobrol, makanya kami yang dihubungi. Makanya saya bawa ke universitas," tutur Munafri Arifuddin disela-sela mendampingi Dubes dalam rangkaian kunjungan kerjanya.

Dubes Nebosja sendiri rencananya akan berada di Kota Makassar, Sulawesi Selatan selama tiga hari. Mulai dari tanggal 9 hingga 11 November 2021.

Hari pertama kunjungannya ke Makassar, Dubes Nebosja bertemu dengan Rektor Unhas, Prof. Dwia Aries Tina Pulubuhu dan Rektor UNM, Prof. Husain Syam. 

Sementara hari kedua pada Rabu (10/11/2021), Dubes dan Calon Konsul Kehormatan Kroasia Makassar, Munafri Arifuddin akan bertemu dengan Gubernur Sulsel dan Walikota Makassar.

Rangkaian kunjungan kerja Dubes Nebosja akan diakhiri dengan pertemuan elit Kamar dan Industri Indonesia Daerah (Kadin) Sulawesi Selatan, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sulsel dan kunjungan ke Universitas Bosowa Makassar.