Legislator Sulsel Kunker ke Perpustakaan Nasional RI

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - DPRD Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan kunjungan kerja (Kunker)  ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (RI) di Jakarta, Senin (5/9/2022).

Kunker panitia khusus (Pansus) tersebut sabagai tindak lanjut dari pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Transformasi Penyelenggaraan Perpustakaan .

Legislator DPRD Sulsel diterima Kepala Perpustakaan Nasional RI M. Syarif Bando bersama beberapa pejabat lingkup Perpustakaan Nasional.

Ketua Pansus Ranperda Transformasi Penyelenggaraan Perpustakaan DPRD Sulsel, Fauzi Andi Wawo mengungkapkan kunjungan kerja ke Perpustakaan Nasional RI diharapkan menjadi pembelajaran serta memperoleh masukan terkait ranperda perpustakaan nantinya.

"Kunjungan kerja pansus kali ini dimaksudkan guna mendapatkan bahan informasi, saran dan masukan dalam rangka pembahasan Ranperda tentang  Transformasi Penyelenggaraan Perpustakaan yang saat ini sementara dibahas oleh DPRD bersama Gubernur Sulawesi Selatan" ujarnya.

Senada dengan itu, Kepala perpustakaan RI M. Syarif Bando mendukung DPRD Sulsel melakukan rencana pembentukan Perda tentang Penyelenggaraan Perpustakaan.  

"Literasi adalah kedalaman pengetahuan seseorang terhadap suatu subjek ilmu pengetahuan tertentu yang dapat diimplementasikan dengan inovasi dan kreatifitas untuk memproduksi barang dan jasa yang berkuakitas tinggi dan dapat dipakai untuk memenangkan persaingan global" tuturnya.

Ia menambahkan model atau konsep arah sistem pendidikan ke depanya lebih maju dengan melihat permasalahan, tantangan dan peluang yang ada. Sehingga Indonesia dapat lebih maju dalam membangun SDM yang kebih produktif dan inovatif.

"Jadi literasi itu bukan hanya sekedar pandai baca tulis tetapi lebih kepada transfer of knowledge (transfer ilmu pengetahuan) sambung beliau" tutupnya.

Laporan: Ardi Jaho