Operasi Patuh 2019 Pengaruhi Pendapatan PKB Samsat Makassar

Bustanul Arifin - (foto by Arbab)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Operasi patuh yang digelar sejak 29 Oktober hingga 11 September 2019 nanti, memberi dampak positif bagi pendapatan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Samsat Makassar I.

Dimana sejak 30 Oktober, pendapatan PKB mulai meningkat dari target Rp 1,5 milliar perhari, dapat mencapai hingga Rp 2 milliar perharinya.

Kepala Upt Pendapatan Wilayah Makassar I, Bustanul Arifin mengatakan dengan adanya operasi patuh selama beberapa hari, sangat berdampak bagi pendapatan PKB yang meningkat sekitar 30 persen.

“Pendapatan PKB yang diperoleh lebih dominan pada kendaraan roda dua yang mencapai 60 hingga 70 persen dari total pendapatan,” tutur Bustanul saat ditemui CELEBESMEDIA.ID, Rabu (4/9/2019).

Sementara itu, khusus wilayah Makassar I dari target pajak kendaraan bermotor roda empat maupun dua sebesar Rp 363,3 miliar, realisasinya telah mencapai sebesar Rp 237,8 miliar atau meningkat hingga 65 persen.

Selain mendatangi kantor Samsat Makassar, masyarakat juga dapat melakukan pembayaran tahunan melalui Kedai Samsat yang terletak di jalan Hertasning dan Masjid Al Markas Al Islamy Makassar. Samsat keliling di Jl Pattimura dan Jl Malengkeri, serta Gerai Samsat di seluruh kantor camat yang ada di Makassar.