Pantai Indah Bosowa, Pantai Pertama di Sulsel yang Gelar Salat Tarawih

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Selama ini bosowa">Pantai Indah Bosowa merupakan salah satu tempat favorit masyarakat Kota Makassar untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Selain dijadikan tempat wisata yang menyajikan panorama dan keindahan matahari terbenam, pantai yang terletak di Jalan Metro Tanjung Bunga ini melaksanakan salat Tarawih selama suci Ramadan 1443 Hijriah.

Spesialnya lagi, pemilik bosowa">Pantai Indah Bosowa yang juga merupakan Founder Bosowa yakni Aksa Mahmud menghadirkan langsung dua imam asal Palestina untuk memimpin salat tarawih. Mereka adalah Syekh Shafiq Muhammad Ibrahim Algharabli dan Syekh Naser Al Misry.

Pada salat tarawih perdana di bosowa">Pantai Indah Bosowa, Sabtu (2/4/2022), Syekh Shafiq Muhammad Ibrahim Algharabli memimpin salat, sedangkan Naser Al Misry jadi imam di Masjid Universitas Bosowa 45, Jl Urip Sumoharjo.

Pelaksanaan salat tarawih di bosowa">Pantai Indah Bosowa terbilang sangat sederhana karena dilakukan di atas hamparan pasir beralaskan tenda dengan sajadah, serta langsung menghadap ke pantai.

Meski demikian, jumlah jamaah mencapai sekitar 50 orang, 40 laki-laki dan 10 perempuan. Mereka tampak sangat khusyuk melaksanakan salat tarawih di bawah rindangnya pepohonan.

Semilir angin dan gemuruh ombak kian mengingatkan kepada sang khalik, betapa bersyukurnya masih dipertemukan dengan bulan Ramadan nan suci dan penuh berkah ini.

Di depan mereka imam asal Palestina dengan lantunan bacaan salat yang merdu menambah spesialnya salat tarawih di Pantai Indah Bosowa.

Usai salat tarwih ditunaikan, Syekh Shafiq Muhammad Ibrahim Algharabli tak bisa menggambarkan betapa senangnya berada di Makassar pada bulan Ramadan ini. Apalagi ini kali pertama ia menginjakkan kakinya di Indonesia.

"Saya sangat bahagia berjumpa dengan bapak ibu jamaah tarawih terutama kepada orang tua kita pak Aksa," kata Syekh Shafiq melalui translator Ustad Muhammad Lukman Hakim.

Ia pun berharap, pada momen bulan Ramadan ini semua jamaah diberikan keberkahan oleh Allah SWT.

"Mudah-mudahan Ramadan ini menjadi berkah bagi kita semua atas izin Allah SWT dan semoga Allah SWT memberikan kepada kita semua keberkahan dan kebaikannya karena malam ini kita berada di malam pertama bulan suci Ramadan," tandasnya.

Founder Bosowa Aksa Mahmud menyatakan Pantai Indah Bosowa satu-satunya pantai di Makassar bahkan Sulawesi Selatan yang menggelar salat tarawih.

"Saya kira di Ujungpandang (Makassar) hanya pantai ini saja (Pantai Indah Bosowa) yang ada tarawih. Di samping kita tarawih, kita dengar ombak juga," tuturnya.

Sementara Ustad Kambie mengucapkan syukur. Sebab Ramadan tahun ini pemerintah maupun Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengizinkan salat tarawih di masjid dan saf sudah bisa dirapatkan.

"Kesyukuran kita tarawih pada tahun ini adalah kita bisa salat tarawih di masjid dan saf bisa dirapatkan," ucapnya.

Penanggung Jawab Oprasional Pantai Indah Bosowa, Abdul Gaffar mengatakan pelaksanaan salat tarawih bukan kali ini diadakan di Pantai Bosowa tapi tahun sebelumnya juga pernah dilaksanakan.

"Kalau kemarin (Ramadan tahun lalu) itu imamnya dari Masjid Cheng Ho," ungkapnya.

Tahun ini, kata Gaffar, imamnya asal Palestina. Mereka akan memimpin salat tarawih di Pantai Indah Bosowa secara bergantian. Olehnya itu ia berharap kedepan Pantai Indah Bosowa bukan hanya dijadikan sebagai lahan bisnis. "Tapi di momen bulan puasa ini kita menambah religi," tuturnya.

Laporan : Darsil Yahya