Inspektorat Luwu Gelar Sosialisasi Saber Pungli dan Pengendalian Gratifikasi

Promoted . 30-07-2021, 15:00
Inspektorat Luwu Gelar Sosialisasi Saber Pungli dan Pengendalian Gratifikasi Kamis (29/7/2021) - (handover)

CELEBESMEDIA.ID, Belopa - Dalam upaya meningkatkan pemahaman dan pendalaman mengenai Pungli dan gratifikasi, Inspektorat Kabupaten Luwu menggelar Sosialisasi Saber Pungli dan Pengendalian Gratifikasi secara virtual yang dibuka secara resmi oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Rudi R Dappi di ruang rapat Kantor Inspektorat, Kompleks Perkantoran Pemkab Luwu, Kelurahan Senga Kecamatan Belopa, Kamis (29/7/2021).

Kegiatan diawali dengan Pemaparan mekanisme pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi oleh Inspektur Kabupaten Luwu, Andi Palanggi. 

“Pelaksanaan kegiatan Sosialisasi pada tahun ini dilaksanakan secara terintegrasi, dengan 2 (dua) kegiatan utama yakni Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) dan Pengendalian Gratifikasi pada 5 (lima) wilayah intervensi, yakni  Camat dan lurah Se Kabupaten Luwu, Dinas pendidikan dan kebudayaan beserta para Kepala Sekolah SD dan SMP,  Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa beserta para Kepala Desa, Dinas Kesehatan beserta para Kepala Puskesmas dan yang terakhir adalah Dinas Kominfo, Wartawan dan LSM," jelas Andi Palanggi

Tujuan Sosialisasi dilakukan untuk mengenalkan lebih spesifik terkait Pungli dan Gratifikasi. Selain itu, sebagai Early Warning System bagi Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat. 

“Tindak lanjut dari sosialisasi ini, Tim Saber Pungli Dan Unit Pengendali Gratifikasi akan melaksanakan sidak secara acak pada beberapa OPD pelayanan publik. Kegiatan ini dilakukan untuk melihat secara langsung pelaksanaan pelayanan masyarakat yang dilakukan oleh OPD. Bagi para Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) agar senantiasa menjaga integritas dalam memberantas Pungli, bersinergi dengan stakeholder lainnya untuk suksesnya pemberantasan Pungli serta laporkan jika terjadi gratifikasi pada admin pencegahan gratifikasi Inspektorat Kab. Luwu," lanjut Andi Palanggi.

Rangkaian perdana kegiatan sosialisasi Saber Pungli dan Pengendalian Grafitasi menghadirkan beberapa narasumber, Wakapolres Luwu, Kompol H Abdul Salam, Kajari Luwu, Erny Verjonika Maramba dan Dansubdenpom Palopo, Lettu CPM Anton Effendi, serta dipandu oleh moderator yang juga menjabat sebagai Inspektur Wilayah IV, Muh Afif Hamka. Sosialisasi diikuti oleh seluruh  Camat dan Lurah se-Kabupaten Luwu sebagai peserta .

Sosialisasi Saber Pungli dan Pengendalian Gratifikasi masih menyisakan 4 segmen, yakni Dinas pendidikan dan kebudayaan beserta para Kepala Sekolah SD dan SMP,  Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa beserta para Kepala Desa, Dinas Kesehatan beserta para Kepala Puskesmas dan yang terakhir adalah Dinas Kominfo, Wartawan dan LSM. Pihak Inspektorat memastikan kegiatan ini berlangsung simultan dan berkesinambungan.

Reaksi

Sedih 0%

Marah 0%

Senang 0%

Terkejut 0%

Guest

0 Comment