Terintegrasi dengan Rumah Sakit, Pemprov Sulsel Hadirkan Fasilitas Isolasi bagi Pasien OTG Covid-19

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dalam CVBW 2021 Rabu (28/7/2021) - (foto by: Indasari)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan salah satu program Pemprov Sulsel dalam menekan laju penyebaran Covid-19  yakni penyediaan Fasilitas Isolasi Terintegrasi (FIT) bagi pasien Covid-19 tanpa gejala (OTG) ataupun gejala ringan.

Di tempat karantina bagi pasien positif Covid-19  ini dilengkapi fasilitas memadai. Dengan kamar layaknya hotel, dimana setiap kamar berisi satu tempat tidur, bahkan dipersiapkan kamar untuk satu keluarga. Setiap kamar juga sudah ada fasilitas kamar mandi maupun televisi didalamnya. 

Hal ini disampaikannya saat menjadi narasumber dalam Celebes Virtual Business Week (CVBW) 2021 di hari ketiga Rabu (28/7/2021) yang mengusung tema “Sulsel Bangkit di Tangan Plt Gubernur”, Andi Sudirman Sulaiman di Function Room, Menara Bosowa.

“Dengan membuka FIT itu lebih kepada fasilitas isolasi terintegrasi yang merupakan hospital extended rooms dari rumah sakit-rumah sakit. Karena orang harus merujuk dulu ke rumah sakit atau menghubungi call center atau telemedicine baru bisa masuk ke sana (tempat isolasi) supaya sistem akuntabilitas, sistem pendataan, kemudian kontrol, dan pertanggung jawaban secara kesehatan juga dokter mengakui bahwa itu adalah pasien saya,” jelas Andi Sudirman.

Andi Sudirman mengatakan FIT ini terintegrasi dengan rumah sakit, terintegrasi secara data yang membuat masing-masing rumah sakit memiliki tanggung jawab satu gedung sebagai tempat isolasi.

“Masing-masing rumah sakit diberikan tanggung jawab satu gedung,” tambahnya.

FIT ini berbeda dengan karantina terpusat yang dilakukan Pemprov Sulsel tahun lalu yang bernama Wisata Covid-19 sebab FIT terintegritas dengan rumah sakit sehingga lebih terarah dalam penanganan pasien yang sedang menjalani isolasi. 

FIT ini terbuka bagi masyarakat umum. Adapun peserta yang berhak mengikuti fasilitas isolasi terintegrasi diantaranya mendaftar di call center telemedicine ‘Hallo Dokter’ 0811466465 atau mendaftar melalui website hallodokter.sulselprov.go.id, mendapat rujukan dari Puskesmas untuk dilakukan perawatan Covid-19 di rumah sakit, telah melakukan swab RT-PCR dengan hasil positif dengan tanpa gejala dan gejala ringan tanpa komorbid.

Laporan: Lutfiah (UINAM)