Jelang Imlek, Klenteng Tertua di Sulsel Ini Mulai Bersolek

Pembersihan patung di Klenteng Xian Ma/ foto: Ariani

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Sehari jelang Imlek atau tahun baru Cina, sejumlah klenteng di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, mulai bersolek. Klenteng dihiasi pernak pernik imlek, mulai dari lampion hingga pernak pernik imlek lainnya.

Salah satunya adalah Klenteng Xian Ma. Klenteng yang ada di Jalan Sulawesi ini merupakan salah satu klenteng tertua di Makassar, dibangun sejak tahun 1864.

Dari luar klenteng, telah nampak pernik pernik imlek seperti lampion. Hal ini membuat suasana Imlek sangat terasa di Klenteng yang terletak di kampung pencinan Makassar tersebut.

Lampion berbagai motif yang didominasi warna merah itu memenuhi langit-langit klenteng, mulai dari luar hingga bagian dalam. Selain lampion, juga terlihat lampu hias.

“Sementara untuk kebutuhan peribadatan di hari Imlek, seperti dupa dan lilin, semuanya telah disedikan oleh pengurus Klenteng Xian Ma,” kata salah satu pengurus, Kadir Gunawan.

Sejak didirikan 156 tahun silam, Klenteng Xian Ma dulunya dikenal sebagai Istana Nagasakti. Namun seiring perkembangan zaman, klenteng ini telah dua kali mengalami prombakan.

Sebelum akhirnya memilki bangunan seperti saat ini yang berlantai 5 dan memiliki lebih dari 100 patung Dewa. Klenteng Xian Ma ini memiliki patung Dewa terlengkap dibanding klenteng lainnya di Sulawesi Selatan.

Patung Dewa yang terdapat di Klenteng Xian Ma seperti Dewa Kuangkong, Dewa Jodoh, Dewa Pengasih Anak, Dewa Pengobatan, Dewa Rezeki, Dewa Tanah, Dewa Anjing, Dewa Langit, Dewa Macan Putih, Dewa Malaikat, dan Patung Dewi Xian Ma Sebagi Tuan Rumah. Ada juga Patung Budha.

Maka tidak heran jika Klenteng Xian Ma yang paling ramai dikunjungi saat Imlek.