Long Weekend, Ini Tips Liburan Tanpa Kuras Tabungan dari OJK

Ilustrasi - (foto by freepik)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Akhir pekan di minggu ke-4 bulan Mei 2024 ini lebih panjang. Ada 2 tanggal merah berturut-turut di akhir pekan yang menyebabkan akhir pekan akan lebih panjang.

Biasanya long weekend, dimanfaatkan untuk liburan. Namun bagi yang sedang berhemat, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membagikan tips liburan tanpa menguras tabungan yang dilansir dalam laman resminya, Kamis (23/5).

1..Menentukan Destinasi dengan Bijak

Sebelum berlibur, hal pertama adalah menentukan ke mana kalian akan pergi dengan bijak.

Untuk menghemat biaya, kalian bisa melakukan survei tempat wisata yang menawarkan free-pass atau memilih lokasi baru yang belum mainstream.

2. Pesan dari Jauh Hari

Setelah menentukan tempat tujuan kalian, kalian harus secepatnya mulai memesan tiket transportasi, penginapan, hingga tiket tempat wisata di destinasi tersebut. Biasanya, pemesanan yang dilakukan dari jauh hari akan memberikan penawaran menarik seperti harga yang lebih murah.

3. Utamakan Kenyamanan

Kesampingkan keinginan tentang liburan mewah jika kalian ingin berhemat. Namun jangan sampai liburan menjadi tidak nyaman karena kalian sangat berhemat. Utamakan kenyamanan baik dalam memilih transportasi atau penginapan. Asalkan nyaman, semua pasti akan senang.

4. Membawa Uang Tunai

Utamakan untuk selalu membawa uang tunai selama berlibur. Uang tunai ini bukan digunakan untuk berfoya-foya, namun dengan membawa uang tunai kalian akan lebih mudah dalam mengatur pengeluaran selama liburan.

Kalian dapat mengetahui berapa uang yang tersisa, sehingga lebih berhati-hati sebelum mengeluarkan uang. Bawalah uang secukupnya saja, namun tetap bawa debit dan kartu kredit untuk membantu kalian jika membutuhkan uang mendadak.

5. Catat Pengeluaran Selama Liburan

Jangan lupa untuk selalu mencatat setiap pengeluaran yang kalian lakukan. Hal ini akan membantu kalian mengatur kemana saja uang kalian digunakan. Dengan mengetahui pengeluaran, kalian dapat menekan kemungkinan untuk boros yang membuat liburan menjadi mahal.

6. Liburan Saat Low Season

Untuk menghemat biaya yang dibutuhkan saat liburan, waktu tepat untuk berlibur adalah saat low season. Saat low season, kalian bisa mendapatkan harga tiket transportasi maupun penginapan yang lebih murah. Selain itu, kalian akan lebih nyaman dalam mengunjungi tempat wisata karena relatif tidak ramai pengunjung.

7. Menyusun Daftar Kebutuhan

Kebutuhan yang harus diutamakan saat liburan adalah transportasi, penginapan, dan biaya makan. Selain itu, kalian juga perlu menyiapkan dana cadangan untuk mengantisipasi kebutuhan tak terduga saat liburan. Membuat daftar kebutuhan dan menyusun anggaran untuk liburan akan membantu kalian untuk tidak mengeluarkan dana diluar yang sudah ditentukan.

8. Selalu Update Promo

Di zaman teknologi informasi seperti sekarang ini, sangat mudah untuk mendapatkan berbagai informasi. Kondisi ini bisa kalian manfaatkan untuk mencari berbagai promo penginapan dan transportasi.

9. Tidak Belanja di Tourist Spot

Batasi pengeluaran dan tahan keinginan kalian untuk membeli souvenir di tourist spot karena umumnya harganya lebih mahal dibandingkan membelinya di tempat lain.