Tinggalkan Sulsel, Bahtiar Minta Masyarakat Kawal Pembangunan Stadion Sudiang

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Bahtiar Baharuddin pamit usai menjabat 8 bulan sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan dalam malam ramah tamah di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Sabtu (18/5) malam.

Malam ramah tamah dan pelepasan Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin ini dihadir Pj Sekertaris Daerah, Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, Walikota Makassar Danny Pomanto dan sejumlah bupati dari beberapa kabupaten di Sulsel. 

"Saya hari ini mohon pamit, terimakasih semua, presiden, menteri dalam negeri, ulama, juga masyarakat Sulawesi Selatan, terimakasih untuk semua, terimakasih saudara-saudaraku, saya atas nama keluarga minta maaf, saya titipkan Sulawesi Selatan ke kita," ucap Bahtiar saat memberikan sambutan terkahirnya sebagai Pj Gubernur. 

Bahtiar menjabat sejak 5 September 2023 lalu, menggantikan posisi Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman yang habis masa jabatan.

Sejumlah prestasi pun ditorehkan untuk Sulsel, seperti berhasil mengerem kenaikan harga atau inflasi hingga di bawah nasional. Berdasarkan data BPS inflasi Sulsel per April tercatat 2,61 persen secara year on year (yoy).

Selain itu, Bahtiar bersama Walikota Makassar juga berhasil menjembatani rencana pembangunan stadion bertaraf internasional di kota Makassar.

"Seluruh rakyat Sulsel harus kawal (pembangunan stadion di Sudiang)," tegasnya.  

Mengakhiri masa jabatannya sebagai Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar berpesan agar masyarakat Sulsel memilih pemimpin yang adil dan tegak lurus untuk membangun Sulawesi Selatan, dan tidak menaruh kepentingan pribadi dalam mengemban jabatan. 

"Jika ada pemimpin yang ingin menguntungkan diri sendiri, jangan pilih dia, kampung ini milik kita, semua kedudukannya sama, lebih baik anda dipecat daripada anda menghamba," pungkasnya. 

Diketahui, Bahtiar dipercayakan menjadi Pj Gubernur Sulbar setelah dilantik Mendagri Tito Karnavian di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, 17 Mei 2024. Posisi Pj Gubernur Sulsel pun kini dipercayakan kepada Prof Zudan Arif Fakrulloh.

Bahtiar dan Zudan dilantik dalam jabatan baru bersama 3 penjabat gubernur lainnya, yakni Pj Gubernur Maluku Utara, Syamsuddin Abdul Kadir; Pj Gubernur Banten, Almuktabar; Pj Gubernur Gorontalo, Muh Rudi Salahuddin. Mereka dilantik berdasarkan SK Presiden RI nomor 60/P.2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Gubernur.

Laporan: Riski