Rektor Baru Unibos, Prof Batara Surya Prioritaskan Pengembangan SDM

Rektor Universitas Bosowa, Prof Batara Surya - (foto by Celebes Radio)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Prof Batara Surya akan dilantik menjadi Rektor baru Universitas Bosowa (Unibos) Makassar pada Senin (18/4/2022). 

Selama masa baktinya nanti di tahun 2022 hingga 2026, Prof Batara Surya akan membangun Universitas Bosowa sehingga mampu bersaing dengan universitas lainnya tidak hanya di dalam negeri tetapi juga hingga kancah internasional. 

Prioritas utama yang akan dilakukannya untuk mencapai target tersebut yakni penguatan Sumber Daya Manusia (SDM), baik itu tenaga pendidik maupun mahasiswanya.

"Target pertama yang harus dilakukan penguatan sumber daya manusia karena memang dalam visi kita harapkan bisa terpenuhi menciptakan manusia yang unggul. Untuk menciptakan manusia yang unggul itu berarti kita akan berbicara kapasitas dan kompetensi SDM," ucap Prof Batara dalam Blak-blakan Seru Celebes Radio, Minggu (17/4/2022). 

Khusus tenaga pendidik, kata Prof Batara maka akan dilakukan perceoatan jabatan fungsional begiti juga dengan pengembangan untuk dosen muda akan difokuskan pada peningkatan jenjang pendidikannya.

"Dosen-dosen muda akan kita fasilitasi untuk bisa lebih cepat peningkatan ke jenjang pendidikan S3. Ini jadi prioritas bagaimana pun paramater kampus bisa berjalan dengan baik jika sumber daya manusia bisa kita andalkan," tuturnya.

Sementara untuk mahasiswa akan dilakukan pengembangan karakter yang berjiwa enterpreneur.

"Mahasiswa tidak akan kami lepas begitu saja. Ada program magang 6 bulan. Dari sini kita akan kembangkan karakter mereka. Selain berjiwa enterpreneur juga mendorong mahasiswa untuk lebih banyak mendapatkan informasi teknologi," ucapnya. 

"Lulusan Unibos nantinya akan mengantongi lisensi tofel 400 dan miliki sertifikat layak untuk bekerja. Kami akan mengevaluasi kurikulum agar bagaimana mereka siap untuk bekerja. Kalau tidak bisa bekerja berarti bisa membuka usaha sendiri," lanjutnya.

Ia pun berharap agar ke depannya Universitas Bosowa bisa melahirkan insan yang intelektual yang bedaya saing. 

"Saya berkeyakinan bahwa berpikir positif, berkarya kemudian bagaimana membangun insan-insan intelektual.m sehingga dapat memiliki reputasi tertentu ini kita harapkan akan bisa tercipta di Universitas Bosowa karena menyakini kiprah universitas akan memiliki kompetensi yang luar bisa dan mampu bersaing dengan universitas yang lain," tutupnya.