Makassar Kota Pertama yang Terapkan Metaverse di Indonesia

Daniel Surya (hitam) - (foto by Darsil)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - WIR Group merupakan perusahaan teknologi berbasis augmented reality terkemuka yang dipercaya untuk mengembangkan platform Metaverse di Kota Makassar.

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar pun saat ini telah membahasnya dalam Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) 2022 Menuju Makassar Kota Makaverse di Golden Lily Ballroom, Four Points By Sheraton Hotel, Jl Andi Djemma, Makassar, Selasa (15/3/2022).

Executive Chairman WIR Group, Daniel Surya mengatakan Metaverse adalah sebuah fundamental internet dari 2.0 menuju ke 3.0 sehingga internet shifting ini bukan hanya sebuah aplikasi tetapi sebuah fundamental yang opportunitynya luas sekali.

Sehingga yang paling penting dalam penerapan Metaverse ini, kata Daniel Surya adalah apakah masyarakat siap atau tidak menerima atau menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

"Sebab potensi penerapan Metaverse ini tidak hanya di Makassar sehingga masyarakat mau tidak mau harus siap jika kedepannya Metaverse ini berlakukan di kota lain atau di negara lain," katanya.

Terkait anggaran penerapan Metaverse ini, Ia eggan membeberkannya. Namun Daniel  mengaku keunggulan yang pertama kali menerapkan Metaverse ini adalah pasti keuntungannya jauh lebih banyak ketimbang kota yang baru akan menerapkan Metaverse ini. "Dan Makassar ini yang pertama menerapkan Metaverse," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, Kota Makassar sangat memungkinkan menjadi kota Metaverse. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana pemerintah mampu mengedukasi SKPD dan masyarakat mengenai penerapan Metaverse ini.

"Edukasi menjadi kata kunci tidak hanya di Makassar tidak hanya di Indonesia tapi di semua global market untuk setiap kota bisa masuk ke Metaverse," bebernya.

Apalagi menurutnya, Metaverse bukan hanya dimiliki oleh satu orang, melainkan Metaverse ini merupakan fundamental internet yang lebih dan siap daripada konsep prosumerisme yang akan dimiliki oleh masyarakat banyak.

"Edukasi adalah entry awal Metaverse, semakin mengerti maka terciptalah anak-anak generasi selanjutnya yang menjaga platform Metaverse tersebut kalau itu tidak dilakukan itu akan sangat sulit dalam membangun sebuah Metaverse  ekosistem sebab ekosistemnya Metaverse tidak hanya online tetapi offline juga," tandasnya.

"Kota yang bisa handal membangun sebuah Metaverse ekosistem adalah kota yang sudah ready platform data seperti Makassar makanya penting sekali edukasi dimulai duluan," tutupnya.

Laporan : Darsil Yahya