Tim SAR Gunakan Alat Ini Untuk Mencari Korban Gempa Sulbar

Proses evakuasi korban reruntuhan gempa Sulbar - (Dok Basarnas)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Basarnas Makassar Bantu Pelaksanaan Operasi SAR Bencana Alam di Provinsi Sulawesi Barat pada Jumat (15/1/2021).

Basarnas Makassar tengah mengerahkan personil dan alat utama untuk mendukung pelaksanaan operasi SAR terhadap korban akibat gempa di wilayah Majene dan Mamuju.

Dalam operasi SAR, peralatan yang digunakan adalah life detector dan search cam yang memang diperuntukkan untuk pencarian korban yang terjebak reruntuhan bangunan.

Kepala Basarnas Makassar, Mustari menyatakan bahwa telah memberangkatkan 3 regu tim rescue menuju ke Majene dan Mamuju yang terdampak bencana gempa 6,2 SR dini hari, Jumat (15/1).

“Satu tim rescue sudah tiba di kota Mamuju tadi siang dengan menggunakan Pesawat Garuda Airlines dan membawa peralatan sar, sementara 2 tim rescue lainnya menyusul dengan menggunakan jalur darat,” ujar Mustari.

Beliau menambahkan segera akan menyusul tim rescue ke empat yang diberangkatkan menggunakan pesawat Hercules dari Lanud Sultan Hasanuddin. 

“Sementara ini tim rescue yang sudah berada di Mamuju sedang melaksanakan assesment di beberapa bangunan runtuh di kota Mamuju,” tutup Mustari.