Bossman Mardigu Berbagi Pengalaman Hidup di Unibos

Kuliah unum Hossman Mardigu di Unibos, Sabtu (14/5/2022) - (foto by Darsil Yahya)


CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Mardigu Wowiek Prasantyo membawakan kuliah umum dihadapan ratusan mahasiswa Universitas Bosowa (Unibos) di Hotel Aryaduta Makassar, Sabtu (14/5/2022).

Tak hanya dihadiri mahasiswa, kuliah umum yang bertema "Globalisasi dan Politik Ekonomi" yang dibawakan pria yang kerap disapa Bossman ini juga dihadiri civitas akademika Unibos dan Founder Bosowa Corporindo, Aksa Mahmud.

Dihadapan hadirin, ia banyak bercerita tentang pengalaman hidupnya mulai dari ia bermimpi bersekolah di Amerika hingga bercerita tentang beberapa perusahaan yang ia kelola saat ini. Salah satunya perusahaan pengelola gas.

"Jadi perusahaan saya pemilik pipa gas terpanjang di Indonesia diluar pertgas dan PT Pertamina Gas Negara Tbk (PGN), mulai dari Pulau Pagerungan wilayah sumenep yang menghidupi jawa timur," ucapnya dihadapan para hadirin peserta kuliah umum.

Selain itu, ia juga banyak bercerita tentang kondisi ekonomi dari berbagai negara di dunia mulai dari inflasi hingga cara negara-negara lain melakukan printing money atau mencetak uang.

"Sekarang ada sebuah negara yang menunggunakan prinsip Modern Monetary Theory (MMT) yaitu Cina yang mendadak menjadi Big Country," tuturnya.

Tak hanya itu, Bossman juga memotivasi mahasiswa Unibos untuk menjadi entrepreneurship. Ia mengibaratkan syarat untuk sukses itu harus lapar karena pasti orang akan termotivasi mencari uang untuk makan.

"Sukses itu tidak ada teorinya, tidak profesornya, sukes tidak ada jurusnya, kalau  lapar kamu punya cara untuk survive," tandasnya.

Mardigu dikenal sebagai pengusaha atau saudagar pemilik lebih dari 30 perusahaan skala nasional sampai global dengan aset triliunan rupiah. 

Ia juga dikenal sebagai penulis buku, youtuber, influencer, dengan komentar atau analisis bisnis dan politik nasional maupun global yang dahsyat. Celotehnya merupakan insight strory yang tidak banyak diketahui publik

Laporan: Darsil Yahya