Sukseskan Program Jagai Ana'ta, Fatmawati Rusdi akan Buat Perwali

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Wakil Walikota Makassar, Fatmawati Rusdi, terus berupaya menekan angka kekerasan melalui program "Jagai Ana’ta" di setiap Lorong Wisata (Longwis) yang ada di Makassar.

Melalui peringatan kampanye puncak 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan (16HAKTP) 2022 di Longwis Haderslev, Kelurahan Maloku, Kecamatan Ujung Pandang, Sabtu (10/12/2022). Fatmawati Rusdi juga mensosialisasikan program "Jagai Ana'ta".

"Melalui program "Jagai Ana'ta" dan hadirnya Shelter Warga ini, tentunya menjadi wadah. Pemerintah hadir, untuk memberikan perlindungan terhadap seluruh keluarga di tengah masyarakat kita," ucapnya kepada warga Longwis Haderslev. 

Dia berharap melalui program tersebut semua permasalahan yang timbul baik kekerasan terhadap anak perempuan bisa teratasi atau mendapatkan solusi.

"Dengan program "Jagai Ana' ta" kita berharap masyarakat lebih peduli bahwa anak-anak betul-betul dijaga dan dilindungi," tuturnya.

Terutama, lanjut Fatmawati Rusdi, dalam kasus kekerasan seksual. Dimana mulai keluarga yang harus memberikan perlindungan dini terhadap anak-anak kita.

"Misalnya kalau sudah lewat Maghrib anak-anak kita imbau agar tidak keluar rumah lagi jika tidak penting," tukasnya.

Meski Pemerintah Kota Makassar telah memiliki Perda No 5 Tahun 2018 tentang perlindungan perempuan dan anak, namun Fatmawati Rusdi bersama NGO akan merancang Perwali khusus perlindungan perempuan dan anak demi mewujudkan zero kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

"Pemerintah kota bersama dengan NGO diantaranya Institut Comunity Justice (ICJ), Lembaga Forum Anak (LFA), dan beberapa NGO lainnya lagi mendorong agar ada Perwali khusus perlindungan Perempuan dan anak," ungkapnya.

Dia mengaku sangat sedih akhir-akhir ini banyak mendengarkan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak terjadi. Sehingga ia mengajak seluruh stakeholder untuk sama-sama menciptakan rasa aman dan nyaman terhadap perempuan dan anak.

"Ketika ada kejadian langsung laporkan. Karena ibu terlindungi, jangan takut melapor. Begitupun privasi keluarga jangan sungkan melapor silahkan datang ke Shelter Warga," pungkasnya.

Laporan : Darsil Yahya