Harga Cabai dan Bawang Berangsur Turun

Harga cabai berangsur turun - (foto by Fitri Khaerunnisa)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Harga cabai rawit dan bawang merah yang sempat alami kenaikan harga cukup tajam kini mulai berangsur menurun.

Awal pekan kedua bulan Agustus sejumlah komoditas pangan yang sempat alami kenaikan harga cukup tajam mulai berangsur menurun meskipun masih di atas harga normal.

Berdasarkan pantauan CELEBESMEDIA di pasar tradisional Pa' Baeng-Baeng Kota Makassar pada Senin (8/8/22), harga cabai rawit turun sejak seminggu terakhir yakni seharga Rp60.000/kg dari harga normal Rp25.000-Rp40.000/kg tergantung kualitasnya.

Bukan hanya cabai rawit, komoditas pangan yang mengalami kenaikan harga cukup tajam juga pernah terjadi pada harga bawang merah yang kini dijual dengan harga Rp60.000/kg dari harga normal sekitar Rp40.000-Rp50.000/kg.

Sebelumnya, harga cabai rawit pernah menyentuh angka Rp80.000 hingga Rp90.000/kg sedangkan harga bawang merah cukup tinggi pada bulan lalu seharga Rp80.000/kg.

Farida, salah satu pedagang di Pasar Pa' Baeng-baeng mengatakan bahwa harga bawang dan cabai mulai berangsur turun sejak seminggu terakhir, setelah sebelumnya melonjak sangat tajam.

"Baru seminggu," kata Farida kepada CELEBESMEDIA.ID.

"Kurang tau juga (alasan harga cabai dan bawang terus alami naik turun)," lanjut Farida.

Kenaikan harga dua komoditas pangan tersebut pada beberapa bulan terakhir diduga akibat faktor cuaca yang kerap kali berubah ubah, sehingga mempengaruhi hasil panen dan pasokan persediaan yang masuk ke para pedagang juga ikut berkurang.

Laporan: Fitri Khaerunnisa