Ingin Makan Gorengan Saat Buka Puasa? Ini Saran Dokter

Ilustrasi - foto by pixabay

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Hidangan manis dianjurkan untuk menjadi pilihan saat berbuka puasa. Namun sebagian orang tidak begitu menyukai makanan manis.

Justru mereka lebih tergiur berbuka puasa dengan penganan asin, misalnya gorengan

Namun banyak yang khawatir jika berbuka dengan gorengan hanya akan memicu sakit lambung. 

Berikut ini ada beberapa tips dari pakar kesehatan jika ingin menjadikan gorengan sebagai menu buka puasa.

1. Pilih tepung singkong

Pakar kesehatan dr Fanny R Imannuddin, M.Biomed (AAM ) menyarankan jika ingin mengkonsumsi gorengan saat berbuka puasa sebaiknya menggunakan tepung yang lebih sehat misalnya tepung singkong atau tepung almond. 

"Saya lebih menganjurkan tepung singkong, mocaf, akan jauh lebih sehat atau jagung atau tepung almond," katanya mengutip Antara, Jumat (31/3).

2. Jangan gunakan tepung beras

Dokter Fanny juga menganjurkan untuk tidak mencampur adonan dengan tepung beras, meskipun hasilnya gorengannya lebih renyah. Sebab glutten tepung beras lebih tinggi dari tepung lainnya. 

"Sebaiknya murni saja karena kalau dari beras itu glutten cukup tinggi. Kalau konsumsi yang gluttennya cukup tinggi, proteinnya itu nanti lengket di pencernaan akhirnya nutrisi jadi tidak lancar, tidak bisa diambil secara maksimal," jelas dia.

3. Goreng dengan minyak kelapa

Sebaiknya gunakan minyak kelapa untuk menggoreng. de Fanny menjelaskan minyak kelapa termasuk lemak jenuh yang masih dianggap sehat.

Tetapi jangan gunakan minyak kelapa berulang kali. Sebab jika telah menghitam, minyak akan berubah menjadi lemak trans.

"Kalau gorengan yang kita konsumsi dari minyak yang berkali-kali dipakai, warnanya sampai berubah hitam tentunya trans fatnya sudah tinggi. Yang kita harapkan konsumsi makanan rendah trans fat," katanya.