Turnamen Pramusim 2022/23 Bakal Dihadiri Penonton

Mochamad Iriawan (tengah) - (foto by PSSI)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - PSSI dan PT LIB akan menggelar turnamen pramusim 2022/23. Turnamen ini bakal diikuti seluruh klub Liga 1.

Pada tahap awal, klub sudah diajak diskusi dengan operator kompetisi, PT LIB tentang mekanisme dan regulasi, meskipun semua masih tahap awal.

Musim lalu, PSSI dan PT LIB menggelar turnamen pramusim dengan titel Piala Menpora dan berlangsung di 4 stadion di Pulau Jawa. Untuk tahun ini, ajang itu juga rencananya berlangsung di 4 kota. Namun, venue-nya belum ditentukan oleh PSSI dan PT LIB.

‘’Hari ini saya rapat dengan jajaran LIB untuk membahas beberapa hal. Salah satunya soal turnamen pramusim, Liga 1 dan 2. Sudah ada beberapa hal yang disepakati dan ada yang belum. Kita akan terus matangkan hal ini,’’ kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Selasa (24/5/2022).

Menurut Iriawan, untuk turnamen pramusim akan diselenggarakan mulai pertengahan Juni hingga pertengahan Juli dengan penonton. Namun, belum diputuskan berapa persen yang boleh masuk stadion termasuk terkait vaksinasi dan booster.

‘’Kita akan koordinasi dengan pemerintah. Dalam hal ini Kemenpora, Kemenkes, BNPB, Satgas Covid-19, dan Kepolisian soal berapa persen penonton yang boleh masuk stadion. Kita akan ikut apa yang diputuskan oleh pemerintah,’’ imbuh Iriawan.

Sedangkan untuk Liga 1 dan 2, Iriawan menambahkan musim ini ada tiga klub dari Liga 2 yang promosi ke Liga 1 dan ada 3 klub juga dari Liga 1 yang degradasi ke Liga 2.

‘’Saya kira Liga 1 dan 2 musim ini akan berjalan seru dan ketat karena sudah diperbolehkan ada penonton. Agar kompetisi berjalan seru,adil, fairplay, dan enak ditonton, PSSI dan PT LIB tetap akan memakai asisten wasit tambahan (asisten wasit ke empat dan kelima) di belakang gawang,’’ tutup pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.