Bupati Luwu Lantik 60 Pejabat Administrator dan Pengawas

CELEBESMEDIA.ID, Belopa - Pelantikan dan pengambilan  sumpah/janji jabatan pejabat struktural dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu berlangsung di aula Rumah Jabatan Bupati Luwu, Kelurahan Pammanu, Kecamatan Belopa Utara, Kamis (24/6/2021).

Sebanyak 60 orang Pejabat Administrator dan Pengawas, eselon III dan IV dilantik dan diambil sumpah/janji jabatannya oleh Bupati Luwu, DR H Basmin Mattayang.

“Demi Allah, saya bersumpah, bahwa saya akan setia dan taat kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan, dengan selurus-lurusnya, demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata para pejabat yang dilantik secara serempak mengikuti ucapan Bupati Luwu.

Dalam sambutannya, Bupati memberikan ucapan selamat kepada pejabat yang baru saja dilantiknya dan meminta mereka untuk senantiasa mensyukuri segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

“Pelantikan ini hanyalah proses melalui tangan-tangan manusia, tetapi segala ketentuan dan takdir telah ditetapkan oleh Allah SWT. Jabatan yang saudara duduki saat ini adalah karunia sekaligus amanah dari Allah SWT yang harus dijalankan dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” tutur H Basmin Mattayang.

Menurut Bupati, dimasa pemerintahannya saat ini, pelantikan itu didasari oleh penilaian terhadap kompetensi atau kemampuan seseorang untuk menduduki suatu jabatan.

“Menjadi seorang pejabat itu harus memiliki 3 hal, yaitu pertama, loyalitas tinggi kepada pimpinan, kedua, kemampuan atau kompetensinya sesuai dengan bidangnya dan ketiga adalah karakter serta attitudenya baik. Jabatan diberikan kepada seseorang oleh negara bertujuan untuk melayani masyarakat bukan untuk dilayani,” jelas H Basmin Mattayang.

Agar proses pemerintahan berjalan dengan baik, pelayanan kepada masyarakat juga berjalan dengan baik maka Bupati Luwu meminta agar semua pejabat terutama yang baru saja dilantik agar senantiasa menjunjung rasa saling hormat menghormati, semua bawahan harus dihormati begitu pula dengan masyarakat yang akan dilayani harus dihormati.

Beberapa pejabat eselon III dan IV yang dilantik berdasarkan Keputusan Bupati Luwu No. 820.20/92/BKPSDM/2021, diantaranya adalah Ambo Tuo, menduduki jabatan sebagai Camat Kamanre, Abd Rachmat Fajri (Kabid Penanganan Fakir Miskin pada Dinas Sosial), Muhammad Jufri (Kabid Pembinaan Ketenagaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan), Ucu Butung Manurung (Kabid Penyuluhan pada Dinas Pertanian), Kadirman (Kabid Perindustrian pada Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian), Hasmawati B (Lurah Padang Subur), Muhammad Nursaleh (Kepala Seksi Usaha Jasa Pariwisata pada Dinas Pariwisata), Masri (Kepala Seksi Angkutan dan Perizinan pada Dinas Perhubungan), Salahuddin (Lurah Balo-balo), Sabrun (Lurah Sabe), Kamsul Alimuddin (Lurah Tanamanai) dan Muhammad Imran (Lurah Cilallang).

Hadir dalam acara pelantikan tersebut, Penjabat Sekda Luwu, H Sulaiman; Asisten II Bidang Perekonominan dan Pembangunan, Ahyar Kasim; Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, H Hasbullah; Kepala DPMD, H Bustan; Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Keselamatan, Yermia Maya serta Sekretaris BKPSDM, Andi Muhammad Ahkam Basmin.