Ribuan Mahasiswa - Warga Unjuk Rasa di Fly Over Makassar, Kawal Putusan MK

Ribuan massa berunjuk rasa di Fly Over Makassar, Kamis (22/8/2024) - (foto by Riski)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Ribuan massa yang merupakan gabungan mahasiswa dan warga mulai berunjuk rasa pada sejumlah titik di Kota Makassar, diantaranya Jalan AP Pettarani hingga Fly Over Jalan Urip Sumoharjo. Kamis (22/08/2024). 

Pantauan tim CELEBESMEDIA, tepat di Fly Over, Jalan Urip Sumoharjo menjadi titik kumpul massa aksi. Sejak sekitar 14.30 WITA lokasi mulai dipadati pengunjuk rasa.

Massa aksi sebagian besar merupakan mahasiswa dari berbagai kampus seperti UNM, UMI, Unhas dan lainnya. Selain itu ada juga warga yang ikut berunjuk rasa mengawal putusan Mahkamah Konstitusi.

Jalan sekitar Fly Over pun macet, tak dapar dilewati pengendara karena padatnya massa aksi.

Selain membawa spanduk, pengunjuk rasa juga berorasi  penolakan keputusan Baleg DPR yang tak mengindahkan keputusan Mahkamah Konstitusi soal Ambang Batas Pilkada dan batas minimal usia calon Kepala Daerah. 

" Teman-teman sekalian kami turun disini untuk menunjukkan bahwa kita sedang marah teman-teman, kita sedang marah terhadap ketidakadilan yang terjadi di pemerintahan rezim jokowi dan antek-anteknya, teman-teman " ujar salah satu mahasiswa yang menyampaikan orasinya. 

Mereka menolak dengan keras rencana revisi Undang-Undang (UU) Pilkada yang dibahas Badan Legislasi (Baleg) DPR RI yang hasil revisinya disinyalir akan mengaborsi Putusan MK Nomor 60/PUU-XXII/2024 dan Putusan MK Nomor 70/PUU-XXII/2024, terkait aturan main Pilkada.

Massa aksi juga menilai bahwa keputusan baleg yang tak mengindahkan putusan MK justru semakin memperjelas bahwa adanya sekelompok oknum yang ingin berkuasa di negara ini. 

"Negara Indonesia adalah milik rakyat Indonesia, bukan milik keluarga Jokowi, " ucap orator lainnya dalam aksi tersebut.

Laporan : Riski - Andhika