4 Cara Kreatif Mengajari Anak Berpuasa

Ilustrasi - (foto by pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Berpuasa di bulan Ramadan merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang sehat dan baligh atau telah cukup umur. 

Namun alangkah baiknya jika sejak dini. Sehingga saat telah cukup umur, anak-anak sudah tidak sulit lagi untuk berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadan.

Tetapi banyak anak-anak yang masih sulit untuk menahan lapar dan haus, sehingga akan bukan hal mudah untuk membiasakan mereka berpuasa. Karenanya orangtua harus sabar dan harus mencari cara mudah untuk mengajari anak-anak mereka berpuasa.

Berikut ini 4 cara kreatif mengajari anak berpuasa yang dikutip dari The Asian Parent, Rabu (22/3/2023).

1. Lakukan secara bertahap

Hindari untuk meminta anak berpuasa ful karena hal itu hanya akan memberatkan mental dan fisim anak. Anak-anak justru tidak ingin lagi berpuasa keesokan harinya karena merasa berpuasa adalah hal yang berat.

Mulailah melatih anak berpuasa 3-4 jam di tahun pertama anak memahami puasa. Jika berhasil di tahun pertama, pada tahun kedua anak belajar puasa, latihlah anak menjalaninya hingga sore.

2. Sediakan menu kesukaan anak saat berbuka

Siapkan makanan kesukaan anak untuk hidangan buka puasa. Beritahu anak Anda jika itu adalah hadiah untuknya karena berhasil menahan lapar dan haus di hari itu.

Biasanya anak akan merasa senang menjalani puasa dan menanti waktu berbuka  apabila diwaktu berbuka bunda menyajikan hidangan yang sesuai dengan selera atau permintaan anak.  

3. Jadi contoh yang baik

Sebelum meminta anak berpuasa, baiknya Amda harus lebih dulu menunjukkan pada anak manfaat dari berpuasa. Selain itu contohkan bahwa orangtuanya juga senang berpuasa. 

Sebab anak selalu meniru apa yang orangtua lakukan dalam keseharian.

4. Hargai usaha anak

Apabila anak sudah tidak bisa menahan lapar dan haus, jangan mengejeknya. Berikan semangat pada anak, agar mampu melewati hari itu dengan baik.

Berikan pula kesempatan untuk mencoba pada esok harinya. Sehingga anak tidak merasa usaha mereka menahan lapar dan haus tidak sia-sia.