Apa Itu Blue Moon? Fenomena Unik yang Akan Terlihat di Langit Indonesia Akhir Pekan Ini

Ilustrasi fenomena Blue Moon yang akan tampak pada Minggu (22/8/2021) di langit Indonesia - (foto by: pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar -  Langit Indonesia akan dihiasi fenomena bulan biru pada akhir pekan ini, tepatnya Minggu (22/8/2021) pukul 20.01 WITA.

Melansir laman Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Andi Pangerang, Peneliti  LAPAN menjelaskan, secara umum, ada dua definisi yang berbeda mengenai Bulan Biru atau Blue Moon, yaitu,

1. Bulan Biru Musiman (Seasonal Blue Moon), yakni Bulan Purnama ketiga dari salah satu musim astronomis yang di dalamnya terjadi empat kali Bulan Purnama.

2. Bulan Biru bulanan (Monthly Blue Moon), yakni Bulan Purnama kedua dari salah satu bulan di dalam kalender Masehi yang di dalamnya terjadi dua kali Bulan Purnama.

Sementara purnama yang terjadi pada 22 Agustus mendatang termasuk ke dalam Bulan Biru Musiman. Di dalam Almanak Petani Maine di Amerika Serikat, purnama ini dinamakan sebagai Purnama Sturgeon karena pada Agustus, ikan Sturgeon (ikan penghasil kaviar) muncul ke permukaan danau sehingga mudah ditangkap.

Purnama ini juga memiliki nama lain, yaitu,

- Purnama Jagung Hijau (Green Corn Moon)

- Purnama Ceri Hitam (Black Cherry Moon)

- Purnama Terbang Tinggi (Flying Up Moon)

Andi Pangerang juga menjelaskan, Bulan Biru pada hakikatnya tidak benar-benar biru.

Banyak orang meyakini istilah Bulan Biru yang dimaknai sebagai sesuatu hal yang terjadi sangat langka, berasal dari kabut asap dan abu vulkanik dari letusan gunung berapi yang mengubah Bulan menjadi berwarna kebiruan.

Seperti yang dikutip dari Kompas.com istilah ini sudah ada setidaknya sejak 400 tahun yang lalu dari penelusuran saat ini, yang mana seorang penutur cerita rakyat berkebangsaan Kanada, Dr. Philip Hiscock, mengusulkan bahwa penyebutan Bulan Biru bermakna bahwa ada hal yang ganjil dan tidak akan pernah terjadi.