Jadi Calon Menteri, Nasaruddin Umar Siap Berinovasi di Bidang Keagamaan

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Tokoh agama Sulawesi Selatan dan juga imam besar Masjid Istiqlal Jakarta, Prof Dr KH Nasaruddin Umar, digadang-gadang menjadi menteri kabinet pemerintahan Prabowo Subianto

Nasaruddin Umar, mengaku dirinya mendapatkan panggilan langsung dari Prabowo Subianto pada Senin (14/10) lalu. 

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri pelantikan dan mukernas Dewan Pengurus Pusat (DPP) Ikatan Alumni dan Keluarga As'adiyah (Ikakas), di hotel Claro, Makassar. 

Ia bahkan menjadi calon Menteri pertama yang diundang untuk masuk berbincang langsung di ruangan presiden terpilih, bahkan menjadi yang terlama durasinya berbincang dengan Prabowo. 

"Saya buka puasa hari Senin, pak? Diundang Pak Prabowo pak, (saya bilang) untuk apa?, Saya dijemput, diantar, sampai di sana, ketemu dengan seluruh calon Menteri, dan diantara semua calon Menteri saya yang paling pertama diundang masuk ke ruangan pak Prabowo, dan saya juga yang paling lama diwawancara," ungkap Nasaruddin Umar

Meski dirinya belum memberikan penjelasan dimana dirinya ditempatkan di kabinet Prabowo, namun ia menyampaikan bahwa dirinya siap memberikan inovasi terbaik di bidang keagamaan. 

"Insya Allah kita akan memperbaiki yang belum baik, dan melakukan inovasi kira-kira apa yang perlu dilakukan, terutama dalam bidang keagamaan kita perlu penghayatan lebih mendalam agama ini, kami yakin kalau semua umat meyakini agamanya dengan baik saya kira akan tercipta sebuah kedamaian dan kesejahteraan bangsa," sambungnya. 

Dirinya mengaku terkejut saat pertama kali mendapatkan panggilan dari Presiden terpilih untuk bertemu dengan calon-calon menteri lainnya yang telah direncanakan oleh Prabowo. 

Tak hanya itu, kata ia juga telah mengikuti serangkaian Training calon menteri kabinet baru di Hambalang pada Kamis (17/10). Training tersebut berlangsung selama 11 jam. 

"Saya kaget tiba-tiba dapat panggilan dari bapak Prabowo, tapi saya tidak pernah bermanuver untuk minta jabatan menteri, sekarang jangankan menteri, eselon satu saja saya tidak bermanuver untuk itu," pungkasnya. 

Perlu diketahui, Prof KH Nasaruddin Umar, merupakan salah putra Sulawesi Selatan yang berasal dari Kabupaten Bone. Saat ini menjabat sebagai Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta dan sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Pondok Pesantren As'adiyah Sengkang, yang merupakan pesantren tertua di Sulawesi Selatan. 

Selain Nasaruddin Umar, santer dikabarkan Menteri Pertanian Amran Sulaiman diketahui juga akan kembali memegang jabatan yang sama di kabinet baru. Ia terlihat menjadi salah satu calon menteri yang juga mendapat panggilan dan mengikuti tahapan training di Hambalang.

Laporan: Riski