HUT ke-77 RI, Andi Sudirman Harap Sulsel Mengedepankan Sikap Sipakatau

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada puncak peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77 2022 yang dihelat di Lapangan Upacara Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Jl Jend Sudirman Makassar, Rabu (17/8/2022). 

Upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI juga dihadiri oleh Forkopimda dan Kepala OPD Sulsel, para veteran dan perwakilan negara sahabat serta tamu undangan lainnya. 

Serta yang bertindak sebagai pembacaan teks proklamasi yakni Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari dilanjutkan mengheningkan cipta dan doa.

Selanjutnya, pengibaran bendera Merah Putih oleh anggota Paskibraka Sulsel yang didampingi pasukan 45 yang terdiri dari prajurit TNI Polri.

Adapun Pembawa baki pagi: Auliya Quratul B. Az-Zahra (SMAN 13 Pangkep); Penggerek bendera pagi: M. Ibnu Fathuddin (SMAN 5 Enrekang);  Danpo 8 (tengah): Muhammad Syauqi Akbar (SMA IT- Alishlah Maros); dan Pembentang: M. Alief Rahman Badwi (SMAN 17 Makassar). 

Andi Sudirman Sulaiman berharap di usia NKRI ke-77  Sulsel dapat mengedepankan sipakatau dalam pembangunan di Indonesia khusus di Sulsel.

"Kita tidak harus menghabiskan energi untuk internal kita , justru bagaimana melihat eksternal global di mancanegara melihat persaingan untuk merebut kesempatan peluang secara bersama. Bagaimana kekuatan kita padukan, setelah pandemi ini kita bersatu dan optimis dan saling mensupport. Semangat ke-77 RI Merdeka, bangkit lebih cepat pulih lebih kuat," ucapnya. 

Pada kesempatan itu juga, Andi menyerahkan penghargaan kepada Pimpinan Forkopimda diantaranya, Kabinda Sulsel, Brigjen TNI Dwi Surjatmodjo, Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki.

Serta Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sudjana dan Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel R. Febrytrianto atas dedikasinya dalam membantu percepatan Vaksinasi Covid-19 di Wilayah Sulsel. 

Demikian juga Kadis Kesehatan Sulsel dan para Dirut RS atas dukunganya dalam pencapaian vaksinasi Covid-19 sebesar 70 persen di tahun 2021. Penghargaan juga diberikan kepada relawan dan driver kegiatan vaksinasi.

Usai upacara peringatan detik-detik Proklamasi kemerdekaan RI ke-77, dilanjutkan pelepasan Karnaval Mobil Antik oleh Gubernur Sulsel bersama Forkopimda Sulsel.

Laporan: Darsil Yahya