Fenomena 6 Planet Berjajar, Dapat Dilihat dengan Mata Telanjang 3-4 Juni

planetary alignment 2024 - (foto by CBS News)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Fenomena astronomi unik dan langka akan terjadi pada awal bulan Juni. 

Ada 6 planet berjajar di langit atau disebut planetary-alignment">planetary alignment yang bakal mewarnai langit menjelang matahari terbit pada 3-4 Juni 2024 sekitar pukul 05.15 WIB (06.15 WITA).

Peneliti Pusat Riset Astronomi dan Astrofisika BRIN Thomas Djamaluddin menjelaskan enam planet yang akan berjajar sepanjang ekliptika, yaitu Jupiter, Merkurius, Uranus, Mars, Neptunus, dan Saturnus.

"Fenomena planet berjajar itu bisa dilihat dari atas kepala hingga ufuk timur," ujarnya mengutip Antara, Jumat (31/5).

Meski ada planet yang dapat dilihat dengan mata telanjang namun beberapa planet lainnya baru bisa terlihat menggunakan teleskop yakni Naptunus dan Uranus.

Jika diamati dengan mata biasa, planet hanya terlihat sebagai titik cahaya seperti bintang, namun dengan teleskop bisa melihat cincin Saturnus.

Thomas menuturkan Saturnus dapat akan terlihat seperti bintang terang. Planet Mars akan tampak seperti bintang berwarna agak merah, Merkurius terlihat seperti bintang redup menjelang matahari terbit, dan Jupiter juga tampak redup.

"Saturnus dan Mars hanya tampak sebagai titik cahaya seperti bintang. Jupiter terbit menjelang matahari terbit, kemungkinan tidak teramati," kata Thomas.

Fenomena planet berjajar merupakan memang kejadian biasa  namun menurut Thomas, fenomena kali termasuk langka karena jumlah planet yang berjajar jarang berjumlah lebih dari tiga planet.

Fenomena enam planet berjajar tidak memberikan dampak apapun terhadap bumi.