100 Ribu Iftar akan Disebar di Indonesia, Termasuk Sulsel

CELEBESMEDIA.ID, Makassar -  Bulan Ramadan merupakan momentum terbaik untuk membangun rasa kepedulian diri untuk berbagi kepada sesama. Membangun semangat kebersamaan antar sesama karena sejatinya hakikat puasa adalah ketika mampu merasakan kebahagiaan bersama dengan berbagi kepada saudara-saudara yang tidak mampu.

Karenanya salah satu organisasi muslim di Indonesia akan menggelar program tebar100.000 paket iftar.

"Tebar Ifthar Akbar ini berupaya mendorong solidaritas sosial dan kepedulian terhadap sesama, serta memperkuat hubungan antaranggota masyarakat. Serta memberikan kesempatan bagi banyak orang untuk beramal dan berbuat kebaikan selama bulan Ramadhan, yang dianggap sebagai bulan penuh berkah dalam agama Islam," kata Wakil Ketua III Muslimah DPP Wahdah Islamiyah, Ustazah Zelfia Amran, Kamis (30/03/2023).

Tebar Ifthar ini akan  dimulai pada Jum'at (31/03/2021) besok serentak pada 34 wilayah di Indonesia.

"Tebar Iftar Akbar Muslimah Wahdah menargetkan 100.000 paket buka puasa yang menyasar masjid-masjid di kecamatan seluruh Indonesia pemukiman kumuh, kaum dhuafa, dan masyarakat umum. Serta didukung oleh Wahdah Peduli, Wahdah Inspirasi Zakat dan Garuda," ujarnya.

Tebar Ifthar Akbar ini akan dibagi ke dalam beberapa titik. Diantaranya Aceh, Lampung, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Kalimantan Barat, Gorontalo, Sulawesi Selatan, Sulawesi tenggara, Sulawesi Tengah, daerah timur Indonesia, diantaranya Papua, Nusa Tenggara dan daerah yang lainnya.

Menurut Ustazah Zelfia, bahwa upaya untuk membangun kesadaran tentang kebutuhan sosial dan ekonomi yang masih dihadapi oleh banyak orang di masyarakat, harus dimulai dari gerakan bersama salah satunya Tebar Ifthar Akbar di bulan Ramadan ini.

"Upaya kita untuk mendorong kesadaran masyarakat, melihat kebutuhan sosial dan ekonomi yang masih kurang. Dengan begitu, kita dapat mendorong kepedulian dan partisipasi lebih luas dalam upaya membangun solidaritas dan kebersamaan sebagai bagian dari pembangunan sosial dan ekonomi yang berkelanjutan," ungkapnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan agar rasa empati antar sesame dapat makin terjalin.

"Tebar Ifthar Nusantara ini juga untuk meneguhkan sinergitas kerja dakwah Muslimah wahdah dari tingkat pusat, wilayah, daerah, kecamatan hingga ranting. Sebagai upaya menumbuhkan rasa empati dan perhatian terhadap orang lain, sehingga dapat memperkuat hubungan sosial dan membangun kebersamaan dalam masyarakat," tegasnya.