Wakil Bupati Enrekang Ikuti Pembukaan Rakornas Pengendalian Inflasi 2021

CELEBESMEDIA.ID, Enrekang - Wakil Bupati Enrekang Asman SE didampingi beberapa dinas terkait yang tergabung dalam TPID mengikuti Rakornas Pendendalian Inflasi Tahun 2021, di Ruang Rapat Kantor Bupati, Rabu (25/8/2021). 

Rakornas dibuka secara virtual oleh Presiden RI Joko Widodo didampingi Menko Bid. Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur BI Perry Warjiyo, dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso dan diikuti seluruh Gubernur, Bupati dan Walikota seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya Presiden RI menyampaikan pada kuartal II-2021 perekonomian Indonesia tumbuh 7,07% (year-on-year/YoY) dengan tingkat Inflasi nasional yang terkedendali diangka 1,52% (year-on-year/YoY) angka inflasi tersebut jauh di bawah target inflasi 2021, yaitu 3%.

"Tetapi kita juga tahu bahwa inflasi yang rendah juga bisa bukan hal yang menggembirakan, karena bisa saja ini mengindikasikan turunnya daya beli masyarakat akibat pembatasan aktivitas dan mobilitas,” ujar Presiden.

Lanjut Presiden menyampaikan beberapa komoditas pertanian yang memiliki prospek yang bagus nantinya seperti Komoditi Porang dan Sarang Burung Walet.

"Saya melihat tanaman porang pasarnya akan menjajikan di masa depan dan saya titip agar komunitas porang dapat didorong menghasilkan barang jadi," ucap Presiden.

Dalam rakornas yang diselenggarakan diumumkan juga daftar peraih TPID Awards 2020 untuk wilayah Sulawesi yakni Provinsi Gorontalo, Kab Bone Bolango dan Kota Gorantolo menjadi pemenang.