Operasi Zebra 2019, Polrestabes Makassar Turunkan 150 Personel

Kasatlantas Polrestabes Makassar, Kompol Fatur Rahman - (foto by Bucek)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Operasi Zebra 2019 digelar serentak di seluruh Indonesia pada 23 Oktober hingga 5 November 2019. Salah satunya di area hukum Polrestabes Makassar.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polrestabes Makassar, Kompol Fatur Rahman, mengatakan target utama pada operasi kali ini diantaranya tidak menggunakan helm standar SNI, tidak mengenakan sabuk pengaman saat berkendara dan surat-surat kendaraan tidak lengkap.

“Kami menurunkan sekitar 150 orang personel pada Operasi Zebra kali ini. Operasi Zebra penegakan hukumnya 80 persen, tentu akan kita lakukan penindakan secara represif berupa penilangan terhadap pelanggar-pelanggar dengan sasaran prioritas, 10 persen edukasi dan 10 persen pencegahan,” tegasnya kepada CELEBESMEDIA.ID, Selasa (22/10).

Operasi Zebra digelar dengan sistem stasioner atau menggelar razia di titik jalan tertentu, serta sistem hunting atau melakukan patroli di lokasi yang sering terjadi pelanggaran lalu lintas.

Menjelang pelaksanaan Operasi Zebra 2019, Polrestabes Makassar menggelar latihan Pra Operasi (Latpraops) Terpusat Zebra di Aula Mappaodang Polrestabes Makassar, Selasa pagi (22/10/2019).

Latpraops yang dipimpin langsung Kasat Lantas Polrestabes Makassar Kompol Fatur Rahman dihadiri seluruh personel yang dilibatkan dalam pelaksanaan Operasi Zebra.