Pjs Bupati Selayar Ikuti Peringatan Hari Jadi ke-351 Sulawesi Selatan

CELEBESMEDIA.ID, Selayar - Pjs. Bupati Kepulauan Selayar, Dr. H. Asriady Sulaiman, S.IP., M.Si., mengikuti peringatan hari jadi ke-351 Sulawesi Selatan secara virtual di Ruang Vicon Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Senin (19/10/2020). 

Peringatan Hari Jadi ke-351 Sulsel dilaksanakan dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Provinsi Sulsel. Peringatan mengangkat tema "Mengembalikan Kejayaan Komoditas Unggulan Sulawesi Selatan yang Berdaya Saing Tinggi".

Turut dalam rapat tersebut Ketua DPRD Mappatunru, S. Pd., Sekretaris Daerah Dr. Ir. H. Marjani Sultan, M. Si.,Dandim 1415, dan Kapolres Kepulauan Selayar, serta yang mewakili Kajari Selayar.

Pjs Bupati Kepulauan Selayar, Dr. H. Asriady Sulaiman, S.IP., M.Si., dalam wawancaranya menyebut bahwa perayaan tahun ini memang begitu berbeda karena dilaksanakan secara virtual.

“Kita berharap Kepulauan Selayar menjadi bagian pada tema yang diusung oleh Provinsi Sulsel. Kalau berbicara komoditas, dimana-mana Gubernur selalu menyampaikan bahwa yang akan dikembalikan adalah kejayaan jeruk keprok Selayar. Oleh karena itu, kita berharap melalui satu tahun kerja teknis pertanian dapat segera mengampanyekan kepada seluruh komunitas pertanian yang ada di Kepualuan Selayar untuk mendukung rencana Pemprov untuk bersinergi dengan Kabupaten Kepulauan Selayar membumikan komoditas unggulan Selayar khususnya jeruk keprok Selayar,” papar Asriady Sulaiman.

Seluruh masyarakat juga diharapkan untuk mendukung rencana besar mengembalikan kejayaan jeruk keprok Selayar agar dapat bersaing dengan komoditas yang masuk di Kepulauan Selayar. Belum lama ini Asriady Sulaiman meminta agar bidang aset mendata areal atau lahan Pemda Kepulauan Selayar yang dapat digunakan untuk perluasan kawasan percontohan tanaman komoditas unggulan agar nanti ketika Pemprov mendukung itu, lahannya sudah siap. 

Berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan agar pembangunan infrastruktur pelayanan publik terus berjalan walaupun di tengah pandemi Covid-19 .

Untuk mengakselerasi percepatan pemulihan ekonomi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terus mengoptimalkan dan mengajak agar sektor swasta turut ambil bagian dalam masalah ini. 

Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota telah berkomitmen untuk menjadikan Sulawesi Selatan ini menjadi daerah yang ramah invetasi, proses perijinan hingga proses konstruksi akan terus disupport dan difasilitasi sehingga berbagai potensi masalah dalam hal pelaksanaan investasi akan diminimalkan dengan pola kolaborasi ini. Pemerintah Daerah akan memberikan garansi bagi para investor dalam hal pengembangan investasi di Sulawesi Selatan.

Dimomentum hari jadi Sulsel ke-351 ini pula, mencoba merefleksikan kembali berbagai produk masyarakat Sulawesi Selatan yang telah menjadi icon dan kebangaan. Oleh karena itu kemasan hari jadi Sulawesi Selatan yang ke 351 ini mengusung dengan tema mengembalikan kejayaan komoditas unggulan Sulawesi Selatan yang berdaya saing tinggi. 

Beberapa hari yang lalu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan juga mendapat apresiasi penghargaan dalam bentuk award 2020 bidang pengembangan infrastruktur di daerah terpencil. 

"Hal tersebut, menjadi kewajiban kita semua untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Untuk itu, tahun 2020 ini dan kedepan kami akan bergerak ke pulau-pulau untuk memberikan sentuhan pembangunan minimal penyediaan sarana dan infrastruktur transportasi, penyediaan sarana air bersih dan penyediaan jaringan listrik," sebutnya.

Tiga hal tersebut menjadi permasalahan mendasar bagi warga yang ada di pulau untuk selanjutnya diberikan sentuhan untuk menggeliatkan ekonomi masyarakat pulau. Secara sederhana dikemukakan bahwa potensi yang ada di pulau masih sangat virgin sebagian besar belum tersentuh dengan maksimal.

"Saat ini dalam proses pengajuan ke dewan KEK nasional untuk menjadikan Selayar sebagai Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata sebagai icon pulau terbesar di Sulawesi Selatan. Untuk selanjutnya secara bertahap kita akan koneksikan dengan berbagai pulau yang ada di Sulawesi Selatan ini," ujarnya.

Lebih lanjut Nurdin Abdullah atas nama Pemerintah Provinsi menyampaikan beberapa kado hari jadi antara lain Rest Area di Kabupaten Jeneponto dan Kabupaten Sidrap serta Kado Subsidi Transportasi Udara untuk jalur ke Bandara Buntu Kunik Toraja, Bandara Bua Luwu dan Bandara H. Aroepala Selayar.