Lepas Masuk Got, Sapi Kurban Ditolong Pasukan Damkar

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Seekor sapi kurban seberat 200 kg terperosok ke dalam drainase sedalam 1,5 meter di Jalan Banta-Bantaeng, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Sabtu (9/7/2022) malam.

Warga sekitar yang melihat kejadian itu, langsung menghubungi Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar untuk mengevakuasi sapi tersebut.

Sebelum memulai proses evakuasi, Tim Rescue Damkar yang berjumlah sepuluh orang ini terlebih dahulu melebarkan drainase menggunakan linggis dan percussive rescue tool (PRT).

Kordinator Rescue Damkar Makassar M. Hidayatullah mengatakan pihaknya melakukan evakuasi dengan memasang tripod dengan teknik blok and tackel (katrol dengan tali atau kabel ulir).

"Kita butuh waktu sekitar satu jam untuk berhasil mengevakuasi sapi kurban yang terjatuh dalam got (drainase)," kata M. Hidayatullah kepada CELEBESMEDIA.ID.

Dia menuturkan, sapi kurban itu terjatuh saat diikat di atas manhole (lubang) got (drainase). "Mungkin berat beban sapinya sehingga manholenya jebol jadi sapinya terperosok kedalam got," tandasnya. 

Adapun kendala saat proses evakuasi, kata Hidayatullah, adalah banyaknya warga yang berkerumun karena ingin melihat lebih dekat sapi itu dievakausi dari dalam drainase.

"Kendalanya banyak warga berkerumun selebihnya bisa diatasi sampai sapinya berhasil naik," pungkasnya.

Laporan: Darsil Yahya